FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM


Luthfiyyah Saajidah(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan kurikulum menjadi bagian peningkatan mutu lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, kualitatif yaitu metode. Peneliti mendeskripsikan temuan-temuan dari fenomena yang terjadi dilapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. MI Miftahul Huda perencanaan kurikulum dilakukan melalui dua tahapan yakni perencanaan kurikulum oleh divisi pendidikan dari yayasan kemudian perencanaan yang dilakukan oleh pihak madrasah. MI At-Taqwa dan MIT PERSIS 24 dilaksanakan oleh pihak Madrasah melibatkan Kepala Madrasah beserta Wakil, Dewan Guru, dan Komite Madrasah pada rapat pengembangan kurikulum. Pengorganisasian Kurikulum kurikulum berdasarkan mata pelajaran (subject curriculum). Penggerakan Kurikulum dilaksanakan melalui pelaksanaan pembelajaran Pengawasan Kurikulum di bagi kepada dua kategori yakni pengawasan terhadap Peserta Didik dan pengawasan terhadap Tenaga Pendidik.

Full Text:

PDF

References


Amilda dan Nina Wati. (2016). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar IslamTerpadu (SDIT) Harapan Mulia Palembang. Jurnal of Islamic Education Management, Vol 2 No 2.

Amri Yusuf Lubis. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administarasi Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, Vol 3 No 1.

Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen, Bandung: Alfabeta.

Dinn Wahyudin. (2014). Manajemen Kurikulum, Bandung: Rosda Karya

Fadillah Dkk. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Wiraswasta Batang Kuis Deli Serdang, Jurnal At-Tazakki. Vol 2 No 1.

Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ibrahim Nasbi (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis, Jurnal Al-Idarah Vol 1 No 2.

Irawan dan Philip Buckley (2015). The Scientific Paradigm of Islamic Education Manageme: Phenomenology Perspective, JPI Vol 2 No 1.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Rusman (2013). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Raja Grafindo.

Saefullah U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta: Bandung.

Supiana. (2008). Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan: di Madrasah Aliyah Negri Insan Cendikia Tangerang, Madrasah Aliyah Negri 1 Bandung, dan Madrasah Aliyah Negri Darussalam Ciamis. Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Departemen Agama RI.

Terry. George R. (2009). Prinsip-Prinsip Manajemen, Alih bahasa oleh J. Smith. D.F.M. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.