MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS SISTEM OTOMASI

Trifanny Magistra Audia Rahman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang Perpustakaan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung, proses manajemen perpustakaan berbasis sistem otomasinya yang dimulai dari konsep perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Disertai faktor penunjang, faktor penghambat, serta keberhasilan yang dicapai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan menyalin. Perencanaan perpustakaan bertujuan supaya perpustakaan bisa melaksanakan kegiatan simpan dan pinjam buku (2) Pengorganisasian meliputi perincian pelaksanaan pekerjaan, pembagian kerja pegawai, mengabungkan pekerjaan para anggota, menetapkan mekanisme kerja, melakukan monitoring, dan rotasi pegawai. (3) Pelaksanaan manajemen perpustakaan berbasis sistem otomasi menggunakan aplikasi E-Office (4) Pengawasan kegiatan perpustakaan, pengawasan hardware dan software, serta pengawasan kinerja pegawai. (5) Faktor penunjangnya kemampuan aplikasi E-Office. Faktor penghambatnya untuk yang internal seperti kendala aplikasi E-Office, sedangkan faktor eksternalnya seperti persaingan dengan Badan Litbang lainnya. (6) Keberhasilan manajemen perpustakaan berbasis sistem otomasi adalah dari segi koleksi buku serta manfaat aplikasi E-Office.

Full Text:

PDF

References


Ajie, Miyarso Dwi. (2009). Sistem Otomasi Perpustakaan: Sebuah Pengantar. Handout 1 pada Perkuliahan UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Barnawi dan M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fahmi, Yusri. (2013). Teknologi Informasi dan Automasi Perpustakaan: Kajian pada Perpustakaan di Ethiopia dan India. Jurnal Iqra’. Vol. 7. No. 1. 20-29.

Prastowo, Andi. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: DIVA Press.

Rusdiana, A dan Moch. Irfan. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sagala, Syaiful. (2013). Manajemen Strategik. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Wahyu dan Ahmad Muhsin. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan: Strategi Perancangan Perpustakaan Digital. Yogyakarta: Kanisius.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Sri. (2016). Otomasi Perpustakaan: Alasan Otomasi dan Kontribusi Bagi Perpustakaan. Yogyakarta: STMIK AKAKOM.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.