INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI INTERNET


Yuliana Yuliana(1*)

(1) S3 Pendidikan Islam UIN Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Ketidakpuasan siswa terhadap pembelajaran konvensional semakin meningkatkan pemanfaatan internet dalam pembelajaran. Hal ini menjadi pendorong peranan teknologi informasi di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inovasi pembelajaran melalui teknologi informasi, terutama berkaitan dengan pengembangan model pembelajaran melalui internet. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan situs internet. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun contoh pengembangan model pembelajaran melalui internet diambil dari model pembelajaran “You-Do” yang digagas oleh Cecep Gaos, guru Bahasa Inggis kelas V SD Puri Artha Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan model pembelajaran melalui internet meliputi penggunaan teori konstruktivisme, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, strategi pembelajaran individual learning, metode pembelajaran tutorial, serta teknik dan taktik pembelajaran yang bersifat spesifik berbasis internet. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui internet dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2015). Teknologi Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-jufri, H. (2015). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Smart Grafika.

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jensen, E., & Nickelsen, L. (2011). Deeper Learning: 7 Strategy Luar Biasa untuk Pembelajaran yang Mendalam dan Tak Terlupakan. Jakarta: Indeks.

Julaeha, S. (2011). Virtual Learning:: Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran No. 2 Tahun 2011, 1-9. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/6868

Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2013). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Lestari, A. S. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Shautut Tarbiyah Vol. 20 No. 2, 1-20. http://dx.doi.org/10.31332/str.v20i2.21

Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VIII No. 2, 1-10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Prasetyo, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis TIK: E-Learning Materi Enterpreneurship di Kampus Komunitas Mandiri Bogor. Ganec Swara Vol. 11 No. 1, 51-56. http://unmasmataram.ac.id/2017/03/18/8-dwi-prasetyo/

Rofiq, M. N. (2011). Menggagas Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Falasifa Vol. 2 No. 2, 97-106.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sa'ud, U. S. (2018). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yakub, & Hisbanarto, V. (2014). Sistem informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.