MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN

Eva Fatmawati

Abstract


Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani merupakan pondok pesantren yang memiliki konsep dengan memfokuskan terhadap Tahfidzul Qur’an, hal yang menjadi permasalahan di dalam program Tahfidz Al-Qur’an tersebut dalam proses pembelajaran, terlihat dari belum sesuainya metode yang digunakan dalam manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar alamiah Pondok Pesantren Al- Ashr Al-Madani, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang di capai dalam manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif-kualitatif yang digunakan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi atau menyalin. Hasil penelitian ini di peroleh kesimpulan bahwa, pondok pesantren Al-Ashr Al-Madani merupakan Boarding School dengan berbasis pada tahfidzul Qur’an. Perencanaan dilakukan dengan empat tahapan seleksi, pengorganisasian dengan menentukan tugas dan mekanisme dalam proses pembelajaran, pelaksanaan ditandai dengan adanyan proses belajar mengajar, pengawasan dengan melakukan pemantauan melihat buku setoran santri dan mengabsen santri, faktor pendukung ialah dari lingkungan pondok pesantren, yang menghambat kurangnya istiqomah santri dalam menghafal tahfidz al-Qur’an . Dan Keberhasilan yang diraih Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani dapat dilihat dari hasil prestasi dengan mengikuti perlombaan Tahfidz Al-Qur’an berbagai tingkatan dan kejuaraan.

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. & Hidayatullah, I. (2016) Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin Volume. 24 Nomor 1.

Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Al-Fabeta.

Haerana. (2016). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan; Teori Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jahari, J. & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfhabeta.

Khori, A. (2017). Manajemen Pesantren Sebagai Khazanah Tonggak Keberhasilan Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 1. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/ manageria/article/view/1404

Kurniadin, D & Machali, I. (2016). Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Khoiruddin, H. (2014). Ilmu Al-Qur’an Dan Peranannya Dalam Memahami Al-Qur’an. Bandung: Fajar Media.

Lutfy, A. (2013), “Metode Tahfidz Al-Qur’an”. Jurnal Holistik Volume 14, Nomor 02.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Mutohar, A. & Anam, N. (2016). Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam Dan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Umar. Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP Lukqman Hakim. Jurnal Pendidikan Islam. Volume. 6, Nomor 1, 2017.

Zamakhsyari, D. (2011). Tradisi Pesantren. Jakarta. Lp3es

Zulhimma. (2013) Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren Di Indonesia. Jurnal Darul Ilmi. Volume. 1, Nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.