IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI LPTQ KABUPATEN SIAK

Iwan Agus Supriono, Atik Rusdiani

Abstract


Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah proses menghafal Al-Quran di LPTQ Kabupaten Siak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik credibility, confirmability, transferability, dan dependenbility. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses menghafal Al-Quran di LPTQ Kabupaten Siak, menggunakan sistem One Day One Ayah (1 hari 1 ayat) yang disertai lagu tartil. Proses menghafal Al-Quran selalu diiringi niat yang ikhlas, meminta izin kepada orang tua, mempunyai tekad yang besar dan kuat, dan istiqamah sampai lancar membaca Al-Quran. Metode yang digunakan untuk menghafal Al-Quran adalah dengan muraja’ah ‘setoran hafalan baru’ kepada guru (ustadz/ustadzah), dan muraja’ah hafalan lama yang disemakkan teman dengan berhadapan dua orang dua orang, muraja’ah hafalan lama kepada ustadz/ustadzah, dan Al-Imtihan Fii Muraja’atil Muhafadlah (ujian mengulang hafalan).


Full Text:

PDF

References


Al-Hafidz, M. J. (2006). Menghafal Al-Qur'an itu Mudah. Lamongan : CV Angkasa.

Fajarini, A., Sutoyo, A., & Sugiharto, D. Y. (2017). Model Menghafal pada Penghafal Al-Qur’an Implikasinya pada Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Vol. 6 No. 1, 13-19. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/17429

Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur'an ( Menghafal Al-Quran) di Pondok Pesantren AL Husain Magelang. Jurnal Hanata Widya Vol. 6 No. 2 , 62-73. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/7222

Qori, M. T. (1998). Cara Mudah Menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.

Ra'uf, A. A., & Al-Hafidz. (2009). Anda Pun Bisa Menjadi Hafidz Al-Qur'an. Jakarta: Markas Al-Qur'an.

Saptadi, H. (2012). Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Quran dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Vol. 1 No. 2, 117-121. https://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/jubk/article/view/853

Shihab, M. Q. (2003). Wawasan Al-Qur'an. Bandung: Mizan.

Syamsudin, S. (2001). Metodologi Living Qur'an dan Hadist. Yogyakarta: Teras.

Wahid, W. A. (2012). Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur'an. Yogyakarta: Diva Press.

Zawawie, M. (2011). P-M3 Al-Qur'an Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur'an. Solo: Tinta Medina.

Zen, M. (1985). Tata Cara/Problematika Menghafal Al-Qur'an dan Petunjuk-Petunjuknya. Jakarta: PT Maha Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.