SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN KERJA GURU

Candra Wijaya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Supervisi manajerial di Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis; 2) Disiplin kerja Guru Madrasah; 3) Faktor pendorong dan penghambat disiplin kerja Guru Madrasah; dan 4) Implementasi supervisi manajerial dapat meningkatkan disiplin kerja Guru Madrasah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) Supervisi manajerial dilaksanakan oleh kepala madrasah dengan mendelegasikan tugas sepervisi kepada para wakil kepala madrasah sesuai dengan bidang masing-masing. 2) Kedisiplinan guru Madrasah cukup baik 3) Faktor pendukung peningkatan disiplin guru Madrasah bermula dari keikhlasan diri  sendiri, dan juga motivasi dari atasan berupa aturan yang harus ditaati oleh  guru. Sementara faktor penghambatnya  lebih disebabkan adanya sebagian guru yang mengajar di madrasah ini juga kuliah ditempat yang lain sehingga kadang ditemukan keterlambatan yang masih dalam batas ditoleransi; dan 4) Implementasi supervisi manajerial ini diharapkan  mampu meningkatkan kedisiplinan para  guru. Sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar serta memiliki dedikasi pengabdian yang tinggi untuk mewujudkan tujuan madrasah.


Full Text:

PDF

References


Dessler, G. (2009). Human Resource Management. Jakarta: Indeks.

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2001). Strategic Management. Jakarta: Salemba Empat.

Huberman, A. M., & Milles, M. B. (1994). Data Management and Analysis Methods. New Delhi: Sage Publication.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage.

Moekijat. (1983). Manajemen Kepegawaian Personal Management. Bandung: Offset Alumni.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2007). Standart Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meriza, Y. (2015). Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Aliyah. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol. 9 No. 4 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/ manajerpendidikan/article/view/1155.

Nugraha, M. S., (2015). Jurnal Nadwa. Vol. 9 No.1. (http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/520

Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Reinecke, D. R. (2016). Self Management For Building Independence : Research and Future Directions. United States: Long Island University Post.

Scriven, M. S. (1974). Evaluation Perspective and Procedures in W. James Popham Ed., Evaluation in Education: Current Applications. Berkeley: Mc Cutchan Puolishing Company.

Sinaga, Anton, “Hubungan Antara Disiplin Kerja dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Di SMP Negeri Kelurahan Raya Kabupaten Simalungun”. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana UNIMED Medan, 2010.

Soetjipto, B. W. (2008). Paradigma Baru Manajemen Sumer Daya Manusia. Yogyakarya: Amara Book.

Sudrajat, A. (2009). Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial. Jakarta: Musyawarah Kerja Pengawas.

Susesno, D. B. (2009). Leader Yang Ship. Jakarta: Milestone.

Sutisna, O. (1989). Administrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Syafaruddin. (2014). Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Bandung: Cita Pustaka.

Terry, G. R. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Warnich, S., Carrel, M. R., Elbert, N. F., & Hatfiled, R. D. (1995). Human Resources Management. New Jersey: Prentice Hall Inc.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.