MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG ‎

Authors

  • Irwan Maulana Student Community Of Publik Education Yayasan Bina Insan Kamil

DOI:

https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393

Abstract

Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong di Pesantren Ummul Quro al-Islami Leuwiliang Bogor tidak terlepas dari fungsi-fungsi Manajemen Pendidikan Karakter. Fungsi Manajemen Pendidikan Karakter mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Metode Penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Karakter Gotong Royong tidak dirumuskan dalam Perencanaan Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong, akan tetapi, dalam Pelaksanaannya Karakter Gotong Royong nampak pada komponen pesantren. Standar Operational Procedure disampaikan secara lisan dan tidak ditulis untuk Majelis Pembimbing Organisasi, akan tetapi, dalam pelaksanaannya dilaksanakan dengan baik yang meliputi membimbing, mendidik, mengarahkan, dan mengayomi. Pengawasan Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong menggunakan metode langsung, semi langsung dan tidak langsung. Evaluasi yang digunakan terbagi menjadi dua, evaluasi wajib dan berdasarkan kesepakatan. Evaluasi wajib dilaksanakan dua minggu sekali sedangkan evaluasi berdasarkan kesepakatan dilaksanakan satu minggu sekali.

Kata kunci: Manajemen, Karakter, Organisasi

Author Biography

Irwan Maulana, Student Community Of Publik Education Yayasan Bina Insan Kamil

Ketua Rumah Belajar Indonesia Cabang Bandung

References

Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di ‎Sekolah. Diva Press.‎

Aziz‎, A. ‎Wahab. (2011). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan.‎

Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. Alfabeta.‎

Dhofier‎, Z. (2015). Tradisi Pesantren. LP3ES.‎

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.‎

Mahmud. (2012). Sosiologi Pendidikan. Pustaka Setia.‎

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan ‎Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JAMP : Jurnal Administrasi Dan ‎Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312. ‎https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p302‎

Marzali, A. (2009). Antropologi dan Pembangunan Indonesia. Kencana.‎

Muhaimin. (2010). Manajemen Pendidikan Aplikasinya Dalam Penyusunan ‎Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Kencana Prenada Media ‎Group.‎

Muhibbin Syah, Anang Solohin Wardan, Miftah Fauzi Rakhmat, & Muchlis. ‎‎(2017). Psikologi pendidikan: Dengan pendekatan baru (22nd ed.). ‎Penerbit PT Remaja Rosdakarya.‎

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan ‎Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.‎

Mulyasa‎. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. PT Bumi Aksara‎.‎

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja ‎Rosdakarya.‎

Rica, L. (2017). Manajemen Pendidikan Karakter AUD. 2(1), 16.‎

Rivai‎, V. (2009). Education management: Analisis teori dan praktik—Eprint UIN ‎Raden Fatah Palembang. http://eprints.radenfatah.ac.id/420/‎

Robbins, S. P. (1996). Perilaku Organisasi (Edisi ke 7). Prehallindo.‎

Rusmaini, R. (2017). Manajemen Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan ‎Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 132–147.‎

Samsirin, S. (2015). Konsep Manajemen Pengawasan dalam Pendidikan Islam. ‎At-Ta’dib, 10(2), Article 2. ‎https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/461‎

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.‎

Downloads

Published

2020-06-30