MANAJEMEN PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER


Supiana Supiana(1), A. Heris Hermawan(2), Anisa Wahyuni(3*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakter disiplin adalah karakter yag harus ditanamkan sejak dini kepada peserta didik karena kedisiplinan peserta didik saat ini sudah sangat mengkhawatirkan sekali. Apabila tidak diperbaiki sedini mungkin maka kebiasaan tersebut akan menjadi kebiasaan buruk yang akan tertanam dalam diri peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan non akademik yang dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler diharapkan dapat membentuk karakter disiplin peserta didik agar peserta didik sadar dan terbiasa untuk berdisiplin tanpa ada paksaan dari siapapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen peningkatan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Metode penelitian menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Perencanaan manajemen peningkatan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi perumusan tujuan, pembentukan pembimbing dan pengurus, pembagian tugas pokok dan fungsi, penyusunan program kerja, mekanisme monitoring dan evaluasi dan unsur-unsur yang terlibat. Pelaksanaannya menggunakan metode 24 jam dan program pembiasaan, materi yang diberikan yaitu materi pembinaan kesiswaan, materi tentang akhlakul karimah dan penekanan nilai-nilai spiritual. Evaluasi dilaksanakan satu bulan sekali dengan cara musyawarah. Dampak kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik dapat dilihat melalui capaian prestasi peserta didik, tingkat pelanggaran peserta didik yang berkurang dan meningkatnya kedisiplinan yang tercermin dalam keseharian peserta didik seperti tepat waktu dan membudayakan antri dalam melaksanakan berbagai kegiatan sehari-hari.

Kata Kunci: Karakter disiplin, ekstrakurikuler, peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Asmani, J. M., Nur. (2016). Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Handoko, K. (2016). Peningkatan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui Kegiatan Pramuka di Gudep Madrasah Aliyah Negeri Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun 2016/2017. Jurnal Global Citizen, 2(2), 64–81.

Hasanah, A. (2013). Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika.

Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Jahari, J. (2013). Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367

Mahmud, M., Jennah, H. M. A., & Patampang, S. S. (2017). Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MTs Alkhairaat Kalukubula. 11.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugraha, Y., & Rahmatiani, L. (2017). Pelaksanaan dan Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa. 7.

Prihatin, E. (2011). Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Puspitasari, E. (2014). Pendekatan Pendidikan Karakter. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 3(2), 45–57. https://doi.org/10.24235/edueksos.v3i2.355

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Syakir, M., & Sani, A. (2017). Analisis Kegiatan Pendidikan Ekstrakurikuler Untuk Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai Borong. 2, 18. https://doi.org/10.1234 /mirai.v2i1.42

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: As@-Prima Pustaka.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin. 6, 8.

Zuhdi, A., & Rohaniawati, D. (2012). Membangun Karakter Pendidikan Dengan Akhlak Mulia. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.