MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN BERBASIS METODE TILAWATI


Heri Khoiruddin(1), Adjeng Widya Kustiani(2*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


SD Istiqamah Kota Bandung merupakan yayasan sekolah yang memiliki konsep islami dengan memfokuskan terhadap pembelajaran Al-Quran, hal yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran Tahsin Al-Quran tersebut siswa merasa bosan dan kurang bersemangat. Tetapi dengan merubahnya metode yang digunakan dengan metode tilawati siswa memiliki kemajuan dalam pembelajaran Tahsin Al-Quran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil yang dicapai dalam Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran di SD Istiqamah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode peneltian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan teknik studi dokumentasi. Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran dilakukan mulai Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian sehingga pembelajaran Tahsin Al-Quran berjalan secara efektif dan efisien. Pengikatan kualitas pendidik, sarana dan prasarana pun terus dilakukan di SD Istiqamah Kota Bandung. Sehingga menghasilkan siswa yang lancar dalam bacaannya serta bisa melanjutkan ketahap Tahfidz Al-Quran dan menyelesaikannya sebanyak 2 juz.

Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran Tahsin Al-Quran


Full Text:

PDF

References


Ariani, S., & Realita. (2015). Program Bengkel Mengaji (Upaya Peningkatan ‎Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Mahasiswa PAI). Jurnal MUDARRISUNA ‎‎(Media Kajian Pendidikan Agama Islam), 5(1), 113–144. ‎https://doi.org/10.22373/jm.v5i1.301‎

Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta.‎

Badrudin. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK di ‎Madrasah Aliyah Daarul Uluum Majalengka. MANAGERIA: Jurnal ‎Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 155–167. ‎https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21-08‎

Baharuddin. (2012). Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan ‎Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfizh Al-‎Qur’an Al-Imam ‘Ashim Makassar [Thesis, Universitas Islam Negeri ‎Alauddin]. http://repositori.uin-‎alauddin.ac.id/5672/1/Tesis%20Baharuddin.pdf

Haerana. (2016). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses ‎Pendidikan (Teori dan Aplikasinya). Media Akademi.‎

Hasan, A., Arif, M., & Rouf, A. (2010). Strategi Pembelajaran Al-Quran Metode ‎Tilawati (Tingkat dasar Tilawai dan Tingkat Lanjutan Al-Quran). Pesantren ‎Al-Quran Nurul Falah.‎

Jahari, J. (2013). Manajemen Madrasah. Alfabeta.‎

Mahmudah, T. (2016). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ‎Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 bantul. E-Journal Pendidikan ‎Bahasa dan Sastra Indonesia, 1–11.‎

Mahmuddin, I. (2013). Tinjauan Terhadap Perencanaan dan Strategi ‎Pembelajaran Materi Substansi Al_Quran pada Sekolah Dasar Kelas 1 ‎Semester 2. Makalah Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. ‎http://syamsmahmoed.blogspot.com/2013/01/makalah-perencanaan-dan-‎strategi.html

Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Agama Islam). PT ‎Remaja Rosdakarya.‎

Nurkarima, R. (2015). Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-‎Quran dengan Metode Talaqqi di Kelas VIII SMPIT Qordova Rancaekek ‎Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 1(2), 163–173.‎

Supiani, E., Murniati, & Usman, N. (2016). Implementasi Manajemen ‎Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ishlah ‎Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 10(1), 39–47. ‎https://doi.org/10.13170/jp.10.1.4873‎

Suryana, Y., Dian, D., & Nuraeni, S. (2019). Manajemen Program Tahfidz Al-‎Quran. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 103–113. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5014‎

Terry, G. R. (2013). Prinsip-Prinsip Manajemen. Bumi Aksara.‎

Thomas, P. (2011). Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 2 Semarang. ‎Jurnal Dinamika Pendidikan, 6(1), 15–25. ‎https://doi.org/10.15294/dp.v6i1.5344‎

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.‎

Uno, H. B. (2012). Perencanaan Pembelajarn. Bumi Aksara.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.