SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTs NU BANAT KUDUS

Subaidi Subaidi, Sutain Sutain

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah pada MTs NU Banat Kudus. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.  Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru mata pelajaran agama dan umum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas. Analisis datanya menggunakan model interaktif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yang pertama adalah dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dan tim supervisor di MTs NU Banat Kudus menggunakan pendekatan langsung dan teknik individu dengan langkah-langkah yaitu pra observasi, pelaksanaan observasi/kunjungan kelas, evaluasi dan tindak lanjut, serta laporan pelaksanaan supervisi akademik. Hasil penelitian yang kedua adalah terdapat dua faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi di MTs NU Banat Kudus yaitu faktor internal yakni kompetensi supervisi akademik kepala sekolah yang memadai dan faktor eksternal yang meliputi guru yang rata-rata sudah siap untuk disupervisi, kemampuan kepala madrasah dalam menciptakan pola hubungan yang baik dengan seluruh komponen sekolah. Terdapat juga dua faktor penghambat yaitu faktor internal yakni banyak guru yang tidak bersedia sebagai tenaga tim supervisor dan faktor eksternal yang meliputi adanya sarana penunjang yang kurang terpenuhi, kurangnya waktu dalam pelaksanaan supervisi akademik. Hasil penelitian yang ketiga yaitu supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala MTs NU Banat Kudus berdampak positif kepada semua guru di antaranya adalah meningkatkan kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, kompetensi profesional guru dan kompetensi pedagogik guru.

 Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pelaksanaan


Full Text:

PDF

References


Engkoswara. (2001). Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung: Yayasan Amal Keluarga.

Latief, J., & Masruroh, N. A. (2017). Kepala Madrasah sebagai Supervisor Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru MTs N Donomulyo Kulonprogo. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 275–296. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-06

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Yang Professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustafid, D., Ibrahim, S., & Khairuddin. (2016). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MIN 2 Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(2), 1–13.

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/4785/4134

Nailissa’adah, N. (2017). Model Manajemen MTs NU Banat Kudus Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3186

Perencanaan Supervisi Akademik MTs NU Banat Kudus. (2017). Kudus: MTs NU Banat Kudus Jawa Tengah.

Peter, F. O. (1984). Supervision for Today’s Schools. New York & London: Longman.

Sholichah. (2018, April 19). Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada MTs NU Banat Kudus.

Syarofah, S. (2018). Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada MTs NU Banat Kudus.

Zumaroh, S. (2018). Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada MTs NU Banat Kudus.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.