MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645Abstract
Penelitian ini dilatar belakagi oleh: faktor keterbatasan luas lahan sekolah yang tidak sesuai dengan standar sarana dan prasarana untuk membangun prasarana sekolah berupa bangunan gedung dan tempat bermain/olahraga. Perencanaan pengadaan sarana dan prasarana, pihak madrasah mengajukan proposal untuk menerima bantuan tetapi tidak semua proposal yang diajukan dari pihak madrasah mendapatkan hasil yang diinginkan sehingga proses pembelajaran kurang optimal karena sarana dan prasarana kurang memadai. Proses pengelolaan sarana dan prasarana masih belum berjalan dengan optimal dimulai dari penginventarisasian, pemakaian pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana. Oleh Karen aitu, proses pengelolaan sarana dan prasarana ini masih dibutuhkannya perbaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pengadaan, pemakaian, penginventarisasian, penghapusan, faktor penghambat dan penunjang sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Swasta Ar-Rosyidiyah Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan memakai metodede skriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, danstudi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui penafsiran deskriptif, uji keabsahan data, perpanjangan keikutsertaan, dan auditing. perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara mengajukan bantuan kepada pihak pemerintah, pengadaan sarana dan prasarana dilaksanakan sesuai dengan perencanaan sarana dan prasarana, pemakaian dan pemeliharaan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan siswa, penginventarisasian yang sesuai dengan ketentuan data setiap tahunnya, penghapusan barang dilakukan dengan secara kondisional berdasarkan kondisi barang, faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana adalah kurangnya dana, adapun faktor penunjangnya adalah fasilitas madrasah sudah memadai, berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar pihak madrasah lebih fokus lagi dalam penempatan fasilitas bagi siswa, agar pengguna fasilitas tersebut merasakan nyaman.References
Darmastuti, H. (2014) Manajemen Sarana dan Prasana dalam upaya peningakatan kualitas pembelajaran Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 3, Nomor 3, Januari 2014. Dalam http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/6606 Di akses pada 30 Desember 2017 pkl 24:00
Fuad, N. (2014). Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Konsep dan Strategi Implementasi.
Fuad, N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gunawan, A. H. (1996). Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta, PT Rineka Cipta.
Kurniawati, P.I. (2013). “Manajemen Sarana dan Prasarana di SMKN 1 Kasihan Bantulâ€. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol.1. No.1 hal. 101. Dalamhttps://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=282671 Diakses pada tanggal: 16 Juli 2018.
Marmo’ah, S. (2014). “Manajemen sarana dan Prasarana Di SMAN Titian Teras Mu’aro Jambiâ€. Jurnal Ilmiah Univenrsitas Batanghari Jambi. Vol. 14. No.4. https://id.porta;garuda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=521370 Diakses pada tanggal: 16 Juli 2018.
Megasari, R. (2014) “Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggiâ€. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 2 No. 1 Hal. 638. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/viewfile/3808/3041 Diakses pada tanggal: 16 Juli 2018.
Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Munir, M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 4 April 2014. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view Di akses pada 01 Januari 2018 pkl 08:25
Solichin, M.M. (2011). “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di STAIN Pamekasanâ€. Jurnal Nuansa. Vol.8 No. 2. Hal. 155. http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v8i2.10
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).