MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA


Ike Malaya Sinta(1*)

(1) Madrasah Tsanawiyah Ar Rosyidiyah,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakagi oleh: faktor keterbatasan luas lahan sekolah yang tidak sesuai dengan standar sarana dan prasarana untuk membangun prasarana sekolah berupa bangunan gedung dan tempat bermain/olahraga. Perencanaan pengadaan sarana dan prasarana, pihak madrasah mengajukan proposal untuk menerima bantuan tetapi tidak semua proposal yang diajukan dari pihak madrasah mendapatkan hasil yang diinginkan sehingga proses pembelajaran kurang optimal karena sarana dan prasarana kurang memadai. Proses pengelolaan sarana dan prasarana masih belum berjalan dengan optimal dimulai dari penginventarisasian, pemakaian pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana. Oleh Karen aitu, proses pengelolaan sarana dan prasarana ini masih dibutuhkannya perbaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pengadaan, pemakaian, penginventarisasian, penghapusan, faktor penghambat dan penunjang sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Swasta Ar-Rosyidiyah Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan memakai metodede skriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, danstudi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui penafsiran deskriptif, uji keabsahan data, perpanjangan keikutsertaan, dan auditing. perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara mengajukan bantuan kepada pihak pemerintah, pengadaan sarana dan prasarana dilaksanakan sesuai dengan perencanaan sarana dan prasarana, pemakaian dan pemeliharaan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan siswa, penginventarisasian yang sesuai dengan ketentuan data setiap tahunnya, penghapusan barang dilakukan dengan secara kondisional berdasarkan kondisi barang, faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana adalah kurangnya dana, adapun faktor penunjangnya adalah fasilitas madrasah sudah memadai, berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar pihak madrasah lebih fokus lagi dalam penempatan fasilitas bagi siswa, agar pengguna fasilitas tersebut merasakan nyaman.

Full Text:

PDF

References


Darmastuti, H. (2014) Manajemen Sarana dan Prasana dalam upaya peningakatan kualitas pembelajaran Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 3, Nomor 3, Januari 2014. Dalam http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/6606 Di akses pada 30 Desember 2017 pkl 24:00

Fuad, N. (2014). Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Konsep dan Strategi Implementasi.

Fuad, N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan, A. H. (1996). Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Kurniawati, P.I. (2013). “Manajemen Sarana dan Prasarana di SMKN 1 Kasihan Bantul”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol.1. No.1 hal. 101. Dalamhttps://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=282671 Diakses pada tanggal: 16 Juli 2018.

Marmo’ah, S. (2014). “Manajemen sarana dan Prasarana Di SMAN Titian Teras Mu’aro Jambi”. Jurnal Ilmiah Univenrsitas Batanghari Jambi. Vol. 14. No.4. https://id.porta;garuda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=521370 Diakses pada tanggal: 16 Juli 2018.

Megasari, R. (2014) “Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi”. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 2 No. 1 Hal. 638. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/viewfile/3808/3041 Diakses pada tanggal: 16 Juli 2018.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Munir, M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 4 April 2014. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view Di akses pada 01 Januari 2018 pkl 08:25

Solichin, M.M. (2011). “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di STAIN Pamekasan”. Jurnal Nuansa. Vol.8 No. 2. Hal. 155. http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v8i2.10




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.