MANAJEMEN REKRUTMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN ‎

Widya Astuti Permana

Abstract


Sekolah Menengah pertama Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat dalam proses rekrutmen peserta diidk baru menggunakan sistem seleksi secara tes, bahwa calon peserta didik yang mendaftar diwajibkan menyelesaikan tugas berupa soal-soal tes secara lisan maupun tertulis. Jika peserta didik tersebut dapat menyelesaikan suatu tugas berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditentukan sekolah, maka peserta didik tersebut dapat diterima, begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: observasi partisipasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi data, penafsiran data. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, cek teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referensi  dan uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kegiatan manajemen rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: kebijakan rekrutmen peserta didik, sistem rekrutmen peserta didik, kriteria penerimaan peserta didik baru, prosedur penerimaan peserta didik baru dengan membentuk panitia penerimaan peserta didik baru, rapat penerimaan peserta didik baru, pembuatan pengumuman peserta didik baru, pemasangan/pengiriman pengumuman peserta didik baru, pendaftaran peserta didik baru, seleksi peserta didik baru, rapat penentuan peserta didik yang diterima, pengumuman peserta didik yang diterima, pendaftaran ulang peserta didik baru.

Kata Kunci: Manajemen, Rekrutmen, Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


Ardhi, M. I. (2015). Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem ‎Real Time Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. JURNAL ‎PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 8(1). ‎https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4930‎

Badrudin, B. (2013). Manajemen Peserta Didik. PT Indeks.‎

Creswell, J. W. (2017). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, ‎Kuantutatif, dan Campuran). Pustaka Pelajar.‎

Deniyati, N. (2017). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic ‎Educational Management, 2(2), 33–39. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v2i2.5000‎

Heryati, Y., & Muhsin, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. ‎Pustaka Setia.‎

Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bumi Aksara.‎

Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2019). Manajemen Peserta Didik. ‎Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 53–63. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5009‎

Junaidi, J. (2016). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Pada MAN Beringin ‎Kota Sawahlunto. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 37. ‎https://doi.org/10.31958/jaf.v3i1.388‎

Nizarman, N. (2015). Manajemen Penerimaan Siswa Baru. MAPEN: Jurnal ‎Manajer Pendidikan, 9(2), 224–234.‎

Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. PT Alfabeta.‎

Tien, Y. C. (2015). Manajemen Peningkatan Mutu Lulusan. MAPEN: Jurnal ‎Manajer Pendidikan, 9(4), 579–587.‎

Tim Dosen Adpen UPI. (2015). Manajemen Pendidikan. Alfabeta.‎

Ubaidillah, A. (2017). Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu ‎Lembaga Pendidikan (Studi Multisitus di MAN 1 Malang dan SMA Negeri ‎‎3 Malang) [Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.‎

Umam, M. K. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta ‎Didik. Jurnal al-Hikmah, 6(2), 62–76.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.