MANAJEMEN PEMASARAN JASA SEKOLAH DASAR TERPADU

Baba Mukmin

Abstract


Persaingan antar sekolah saat ini semakin kompetitif, Pendidikan formal dalam hal ini sekolah sedang mengalami perubahan besar berupa lingkungan global pendidikan. Sekolah Dasar Terpadu adalah sekolah yang muncul sebagai alternatif solusi dari keresahan sebagian masyarakat dengan kualitas sekolah. Tulisan ini secara khusus akan membahas bagaimanakah pemasaran jasa yang diterapkan di SDIT  Alamy Subang. Proses manajemen pemasaran yang di mulia dari Profil, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan penghambat, hasil manajemen pemasaran Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan menyalin. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa SDIT ‘Alamy Subang sudah melakukan manajemen pemasaran jasa. Perencanaan pemasaran jasa di lakukan dengan analisis hasil prestasi kegiatan pemasaran sebelumnya, analisis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman, penentuan tujuan, penetapan strategi, penetapan target, penyusunan rencana, penyusunan program, penyususnan anggaran. Pengorganisasian Pemasaran jasa dilakukan untuk menyusun organisasi dan pembinaan anggotanya. Pelaksanaan pemasaran pendidikan dilakuakan secara komitmen sesuai dengan aturan yang telah direncanakan meliputi promosi dan komunikasi serta penyampaian atau distribusi. Pengawasan pemasaran pendidikan dilakukan untuk membahas pengawasan efektivitas program, pengawasan keuntungan atau rentabilitas, pengawasan efisiensi, pengawasan strategis pemasaran jasa sekolah sebagai bahan rekomendasi untuk pemasaran selanjutnya. Promosi dan komunikasi dilakukan melalui periklanan, informasi dari mulut ke mulut, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung serta penyampaian atau distribusi. Hasil manajemen pemasaran jasa sekolah SDIT ‘Alamy berhasil di lihat dari peningkatan jumlah pendaftar dari tahun ke tahun.

Kata kunci: Manajemen, Pemasaran, Sekolah Dasar Terpadu


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.‎

Anam, K. (2013). Strategi Pemasaran dan Implementasinya dalam Lembaga ‎Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 159–170. ‎https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.159-170‎

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Grafindo Persada.‎

Fatkuroji, F. (2012). Kebijakan Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan ‎Minat Konsumen Pendidikan. Nadwa, 6(2), 249. ‎https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.591‎

Gazali, M. (2013). Optimalisasi PeranLembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan ‎Bangsa. AL-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 126–136. ‎http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.295‎

Hadiwijaya, H. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Jasa Pendidikan ‎Pada Lembaga Pendidikan El Rahma Palembang. Jurnal Ekonomi dan ‎Informasi Akuntansi (JENIUS), 1(3), 221–237.‎

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi ‎Peningkatan Mutu di SD Alam Baturraden. el-Tarbawi, 8(2), 161–176. ‎https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4‎

Muadin, A. (2017). Manajemen Pemasaran Pendidikan Pondok Pesantren ‎Tahfidz Qur’an. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 293–308. ‎https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.2.293-308‎

Mulyawan, A., & Sidharta, I. (2013). Analisis Deskriptif Pemasaran Jasa di ‎STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 42–‎‎55.‎

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal ‎Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530‎

Raya, M. K. F. (2016). Marketing Jasa di Institusi Pendidikan ‎‎(AnalisisPemasaran dalam Pendidikan). FALASIFA: Jurnal Studi ‎Keislaman, 7(1). ‎https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/2‎

Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Caps.‎

Syafi’ie, I. (2002). Hakikat dan Kpnsep Pendidikan Terpadu. el-Tarbawi, 7(5), ‎‎129–145.‎

Syamsuddin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatan ‎Mutu Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 60–74. ‎https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4084‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.