PROTOTIPE SUPERVISI PENDIDIKAN DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Wahyu Iskandar UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Muhammad Yusuf UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Annisa Annisa UIN SUMATERA UTARA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan Prototipe (contoh khas) supervisi pendidikan dan kinerja kepala sekolah dalam mengakomodir juga meningkatkan mutu pendidikan dalam pengembangan pembelajaran yang melingkupi Sekolah/Madrasah. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang mengambil beberapa referensi dari berbagai literatur. Hasil dari penelitian bahwa (1) supervisi pendidikan memiliki Konsep Dasar (defenitif, tujuan, prinsip sampai kepada teknik dalam rangka peningkatan mutu) (2) adapun langkah yang ditempuh dalam menjalankan kinerja kepala sekolah/mardrasah guna peningkatan mutu ditinjau dari tujuan dan unsur penilaian yang harus dicapai (3) metode  dan prosedur pemberian nilai dalam penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dalam rangka peningkatan mutu.

 Kata kunci : Supervisi, Kinerja kepala sekolah, Peningkatan mutu

References

Auliya, U. U., Thomas, P., & Latifah, L. (2012). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 8–13.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/524

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Yang Professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridwan, A. S., Pramuniati, I., & Mucktiany, A. (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikandalam Rangka Pengembangansumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Syafaruddin, & Asrul. (2017). Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Cita Pustaka Media.

Wahyudi, A., Thomas, P., & Setiyani, R. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–8.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/520

Downloads

Published

2019-12-31