KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH: STUDI PROGRAM KOMITE DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6535Abstract
Pengembangan mutu madrasah perlu keterlibatan masyarakat untuk mendukung setiap kegiatan yang sudah dirumuskan oleh madrasah. Komite madrasah sebagai wakil masyarakat memiliki peran penting untuk bekerjasama dengan madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, program komite dalam pengembangan mutu pendidikan di MIN 1 Bantul meliputi (1) peningkatan mutu manajemen, (2) pengembangan program komite, (3) mujahadah dan sima’an Al-Qur’an, (4) paguyuban, (5) patembayan, (6) infak pendirian musholla, (7) santunan anak yatim, (8) bantuan subsidi silang, (9) madrasah sehat, (10) madrasah Adiwiyata, (11) pendampingan dan, (12) gemar menabung. Kedua, komite madrasah telah berhasil menjadi mitra MIN 1 Bantul dalam pengembangan mutu pendidikan madrasah yang meliputi peningkatan kesejahteraan Sumber Daya Manusia (SDM), perbaikan sarana dan prasarana, dan pengabdian masyarakat.
Kata Kunci: Komite, Madrasah, Mutu
References
Alip, M., & Soenarto, S. (2008). Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Smk Di DIY. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1424
Fatchurrohman, F. (2018). Kemitraan Antara Sekolah, Orang Tua, Dan Lembaga-Lembaga Sosial Kemasyarakatan Di Madrasah Aliyah Negeri Salatiga. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 129–155. https://doi.org/10.32332/akademika.v23i1.1207
Febriana, L., Isnaini, M., & Syarifuddin, A. (2019). Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 1 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3234
Hanifah, A. A. (2017). Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Bantul. Yogyakarta: MIN 1 Bantul.
Hariyadi, A. (2013). Komite Madrasah Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: Cahaya.
Hariyadi, A. (2015). Komite MIN 1 Bantul 2015/2016. Yogyakarta: Cahaya.
Hariyadi, A. (2016). Komite Madrasah Tahun Pelajaran 2016/2017. Yogyakarta: Cahaya.
Hariyadi, A. (2017). Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Bantul. Yogyakarta: MIN 1 Bantul.
Hasnun, A. (2010). Mengembangkan Sekolah yang Efektif. Yogyakarta: Datamedia.
Helmi, J. (2018). Implementasi Program Kerja Komite Sekolah Di SMPN 12 Mandau. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 10(1), 18–33. https://doi.org/10.35445/alishlah.v10i1.61
Kholis, N., Zamroni, Z., & Sumarno, S. (2014). Mutu Sekolah Dan Budaya Partisipasi Stakeholders. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2639
Laminsar, L. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu Tuanku Lintau Kabupaten Tanah Datar. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.31958/jaf.v2i1.374
Musyadad, A. (2017). Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Bantul. Yogyakarta: MIN 1 Bantul.
Mutohar, P. M. (2014). Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pardji. (2012). Pemaknaan Penyelenggaraan Pendidikan Dan Komite Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6). https://doi.org/10.17977/jip.v17i6.2879
Rahman, K. A. (2012). Peningkatan Mutu Madrasah melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 227–246. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.227-246
Rahman, K. A. (2016). Studi Peningkatan Mutu Madrasah Tsanawiyah Di Kota Jambi. Nadwa, 6(1), 33–62. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.456
Ratnaningtyas, K., & Setiyani, R. (2017). Efektifitas Komite Sekolah Sebagai Badan Pengawas Manajemen Keuangan Sekolah Pada SMA Negeri Se-Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 571–582.
Samani, dkk, M. (2009). Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta.
Sulasmono, B. S., & Murjini, M. (2017). Evaluasi Kinerja Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 113–121. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10431
Suprihadi, S. (2017). Reformasi Hubungan Sinergi Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Menuju Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Hubungan Komite Sekolah Dengan Lembaga Sekolah SMU di Kota Pekanbaru, Riau). Sosio Konsepsia, 14(1), 70–86.
https://doi.org/10.33007/ska.v14i1.757
Suryono, A., Santosa, R., & Haryadi, H. (2013). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 Terhadap Pemberdayaan Dewan Pendidikan Dan Komite Sekolah. Jurnal Dinamika Hukum, 13(2), 257–265. https://doi.org/10.20884/1.jdh.2013.13.2.208
Waluyo, G. E., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Penerapan Mbs, Pengelolaan Pembelajaran Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SD/MI. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 159–173. https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2446
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).