MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ‎ SONY SUGEMA DIGITAL LEARNING SISTEM (S2DLS)‎

Authors

  • Heri Heryana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nina Nurmila Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.7527

Abstract

Aplikasi Sony Sugema Digital Learning System adalah sebuah aplikasi yang di buat oleh yayasan Taqwa Cerdas Kreatif dengan tujuan sebagai pendukung proses pembelajaran. Dengan adanya aplikasi ini para peserta didik menemukan cara belajar yang berbeda, mereka dapat belajar dimana saja dan kapan saja menggunakan laptop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Perencanaan dilakuakan dengan menganalisis data, pengorganisasian melibatkan kepala sekolah beserta jajarannya, kepemimpinan menggunakan model demokratis, pengevaluasian bersifat masukan dan saran. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa aplikasi Sony Sugema Digital Learning Sytem dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Author Biography

Heri Heryana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Badrudin, B. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta.‎

Gitosudarmo, I., & Mulyono, A. (2001). Prinsip Dasar Manajemen. BPFE.‎

Hanifah, H. (2018). Penerapan Manajemen Program Pembelajaran Bagi Guru ‎Paud Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Comm-Edu (Community ‎Education Journal), 1(3), 24–29. https://doi.org/10.22460/comm-‎edu.v1i3.1102‎

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda ‎Karya.‎

Muhasim, M. (2017). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar ‎Peserta Didik. PALAPA: Jurnal Study Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), ‎‎53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46‎

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi ‎Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. ‎https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949‎

Munir, M. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.‎

Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. ‎Bumi Aksara.‎

Syafaruddin, S., & Nasution, I. (2005). Manajemen Pembelajaran. Quantum ‎Teaching.‎

Wardani, M. A. P., Rufi’i, R., & Harwanto, H. (2020). Penerapan Strategi ‎Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem ‎Komputer Siswa Kelas X SMK. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), ‎‎99–106. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i2.3459‎

Yuliana, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi : ‎Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Isema : Islamic ‎Educational Management, 4(1), 119–132. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5179‎

Zufria, I. (2016). Pemanfaatan Media Digital (E-Learning) dalam Memaksimalkan ‎Proses Belajar Mengajar (PBM) di Perguruan Tinggi. Nizhamiyah, 6(1), 76–‎‎103. https://doi.org/10.30821/niz.v6i1.23‎

Downloads

Published

2021-06-30