MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ‎ SONY SUGEMA DIGITAL LEARNING SISTEM (S2DLS)‎
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.7527Abstract
Aplikasi Sony Sugema Digital Learning System adalah sebuah aplikasi yang di buat oleh yayasan Taqwa Cerdas Kreatif dengan tujuan sebagai pendukung proses pembelajaran. Dengan adanya aplikasi ini para peserta didik menemukan cara belajar yang berbeda, mereka dapat belajar dimana saja dan kapan saja menggunakan laptop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Perencanaan dilakuakan dengan menganalisis data, pengorganisasian melibatkan kepala sekolah beserta jajarannya, kepemimpinan menggunakan model demokratis, pengevaluasian bersifat masukan dan saran. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa aplikasi Sony Sugema Digital Learning Sytem dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
References
Badrudin, B. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta.‎
Gitosudarmo, I., & Mulyono, A. (2001). Prinsip Dasar Manajemen. BPFE.‎
Hanifah, H. (2018). Penerapan Manajemen Program Pembelajaran Bagi Guru ‎Paud Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Comm-Edu (Community ‎Education Journal), 1(3), 24–29. https://doi.org/10.22460/comm-‎edu.v1i3.1102‎
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda ‎Karya.‎
Muhasim, M. (2017). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar ‎Peserta Didik. PALAPA: Jurnal Study Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), ‎‎53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46‎
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi ‎Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. ‎https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949‎
Munir, M. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.‎
Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. ‎Bumi Aksara.‎
Syafaruddin, S., & Nasution, I. (2005). Manajemen Pembelajaran. Quantum ‎Teaching.‎
Wardani, M. A. P., Rufi’i, R., & Harwanto, H. (2020). Penerapan Strategi ‎Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem ‎Komputer Siswa Kelas X SMK. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), ‎‎99–106. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i2.3459‎
Yuliana, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi : ‎Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Isema : Islamic ‎Educational Management, 4(1), 119–132. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5179‎
Zufria, I. (2016). Pemanfaatan Media Digital (E-Learning) dalam Memaksimalkan ‎Proses Belajar Mengajar (PBM) di Perguruan Tinggi. Nizhamiyah, 6(1), 76–‎‎103. https://doi.org/10.30821/niz.v6i1.23‎
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).