MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU MADRASAH SERTA IMPLIKASINYA BAGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9988Abstract
Pendidikan adalah hal yang sangat penting. Salah satu yang mendasari bahwa urgensi dari pendidikan adalah pengembangan sumber daya manusia agar mempunyai mutu pendidikan yang tinggi. Agar mampu dalam menembangkan sumber daya manusia dibutuhkan motivasi yang tinggi, sehingga diharapkan menghasilkan kinerja yang optimal. Namun permasalahan yang terjadi, terkadang motivasi berubah-ubah sesuai dengan keadaan dari setiap individunya, kinerja yang belum maksimal, seperti ada beberapa guru yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran, kurangnya dalam melengkapi administrasi kelas dan masih ada yang belum menguasai teknologi. Itulah yang menjadi dasar penelitian ini agar mampu menjabarkan permasalahan yang terjadi dan berkontribusi dalam mengembangkan sumber daya manusia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Dalam pengambilan sempel peneliti menggunakan teknik sampling total. Peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 32 sampel, dengan menggunakan kuesioner model skala likert sebagai data primer yang disebar melalui online dengan menggunakan google form. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru di MTs Mohamad Toha Kota Cimahi dengan nilai 0,888 yang artinya tingkat kekuatan hubungannya sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dan terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru di MTs Mohamad Toha Kota Cimahi.
References
Amaliah, I., Julia, A., & Riani, W. (2013). Pengaruh dari Nilai-Nilai Islam ‎terhadap Kinerja Kerja. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 29(2), ‎‎165–174. https://doi.org/10.29313/mimbar.v29i2.394‎
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru ‎Akuntansi SMK Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–‎‎23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11‎
Daryanto, D., & Farid, M. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di ‎Sekolah. Gava Media.‎
Dewi, C. A. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Honorer ‎‎(Studi Kasus Guru Honorer SMAN Rumpun IPS se-Kecamatan ‎Temanggung).‎
Djafar, H., & Nurhafizah, N. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah ‎Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. ‎Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 24–36. ‎https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064‎
Fredianto, D. (2016). Hubungan antara Motivasi Kerja dan Kedisiplin dengan ‎Kinerja Guru di SD. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(4), 354–361. ‎https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/755702‎
Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen ‎Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.‎
Laily, I., & Darsinah, D. (2018). Hubungan Motivasi Kerja Terhadap Konerja ‎Guru TK se-Kecamatan Colomadu Tahun 2018. ‎http://eprints.ums.ac.id/64916/‎
Mangkunegara, A. P. (2019). Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama.‎
Mariza, L. (2011). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru di SMK ‎Muhammadiyah 2 Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/520/‎
Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi, dan ‎Implementasi). Remaja Rosda Karya.‎
Munirah, M. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan ‎Realita. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 233–245. ‎http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879‎
Putra, M. H., & Wikansari, R. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi ‎Kerja Karyawan. JAMEB: Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, ‎‎1(2), 65–78. http://www.jameb.stimlasharanjaya.ac.id/JAMEB/article/view/25‎
Sahertian, P. A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (Dalam ‎Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). Rineka Cipta.‎
Samsirin, S. (2016). Konsep Motivasi Personalia Dalam Manajemen Pendidikan ‎Islam. At Ta’dib: Journal of Pesantren Education, 11(1), 89–108. ‎https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.637‎
Saoetarno, S. (2004). Sumber Daya Pendidikan dengan Pendekatan Sistem. ‎UMS.‎
Seputri, S. (2016). Konsep Manajemen Pendidikan Islam: Sebuah Analisis ‎Aspek Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Konsep Manajemen ‎Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam2, ‎‎6(1), 62–93. https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.790‎
Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi dengan ‎Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS). Prenada Media Grup.‎
Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala ‎Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (The Role of Principal ‎Leadership in Improving Teacher Performance). Anterior Jurnal, 18(1), 13–‎‎22. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i1.436‎
Sudjana, S. (2011). Statistika untuk Ekonomi dan Niaga. PT Tarsito.‎
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.‎
Tentama, F. (2015). Peran Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Guru ‎Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Universitas ‎Diponegoro, 14(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.1-8‎
Yulia, L. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kompetensi Pedagogik ‎Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. ‎https://eprints.uny.ac.id/53734/‎
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).