PERKEMBANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR


Lia Kamelia(1*)

(1) Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUnan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Augmented Reality (AR) adalah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi .Model 3 dimensi biasa digunakan sebagai alat bantu pengajaran untuk membuat para peserta didik lebih memahami materi yang diberikan. Teknologi AR sudah diaplikasikan dalam berbagai bidang yang beragam, termasuk dalam bidang pendidikan. salah satu mata kuliah yang bisa mengaplikasikan teknologi AR adalah mata kuliah kimia dasar. Saat ini mata kuliah kimia dasar merupakan matakuliah yang tidak menyenangkan bagi peserta didik, terutama bagi mahasiswa fakultas tekhnik tingkat pertama yang mendapat mata kuliah ini. Salah satu penyebabnya adalah kimia mempunyai banyak konsep yang sukar untuk dipahami dan dibayangkan, seperti struktur atom dan bentuk molekul dalam ikatan kimia. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran alternatif dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep kimia secara interaktif. Pada mata kuliah kimia dasar terdapat beberapa materi dasar yang membutuhkan imajinasi yang tinggi untuk bisa memahami materi tersebut,seperti materi atom dan molekul, sistem periodik, ikatan kimia, hidrokarbon dan beberapa materi lainnya. AR memberikan interaksi yang lebih realistis dan merupakan kemajuan dari sebuah metoda teknologi yang menjanjikan dan bisa memotivasi pengguna untuk terlibat dalam sistem pembelajaran yang lebih aktif. Pada paper ini akan dibahas bagaimana pembelajaran mata kuliah kimia dasar menjadi lebih efektif dengan teknologi AR.

Full Text:

PDF

References


__________, Introduction to Augmented Reality, http://www.se.rit.edu/%7Ejrv/research/ar/introduction.html#Section1.1,

Asai K, Kobayashi H, Kondo T ; Augmented Instructions - A Fusion of Augmented Reality and Printed Learning Materials, Proceedings of the Fifth IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies (ICALT’05),2005.

Fjeld M., P,. M. Voegtli ; Augmented Chemistry: An Interactive Educational Workbench, Proceedings of the International Symposium on Mixed and Augmented Reality (ISMAR’02);2002.

Fjeld M., P. Juchli, and B. M. Voegtli, Chemistry education: a tangible interaction approach, Proc. INTERACT2003, 2003, pp.287-294.

H. Kaufmann, Construct3D: an augmented reality application for mathematics and geometry education, Proc. 10th ACM international Conference on Multimedia, 2002,pp.656-657.

Hamalik, Oemar, Prof. Dr. (2007), Proses Belajar Mengajar, PT. Bumi Aksara,Jakarta, Indonesia, 32-33, 34-42.

Hotman Silitonga; Dr. Ir. Aciek Ida W.D, Mt., Dan Ir. Albarda, M.T. Perancangan Dan Implementasi Interaksi Media Pembelajaran Hidrokarbon Berbasis Teknologi Augmented Reality, Tesis,ITB,2009.

Izzurrachman, Fariz, Efek Partikel Pada Augmented Reality Untuk Pembelajaran Ikatan Kimia, Skripsi, ITS, 2012.

Kurniawan Teguh M, Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer, Jurnal Sistem Komputer - Vol.1, No.2, Oktober 2011.

Maqableh W.F, Sidhu M S; From Boards to Augmented Reality Learning;jurnal IEEE 2010.

Maier p, Klinker G, Tonnis M, Augmented Reality for teaching spatial relations, Conference of the International Journal of Arts & Sciences (Toronto 2009)

Namrata. S. Mandvikar; Augmented Reality Using Contour Analysis In E-Learning; International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology Vol. 2, Issue 5, May 2013

Pengcheng F, Mingquan Z, Xuesong W; The Significance and Effectiveness of Augmented Reality in Experimental Education; IEEE,2011

NÚÑEZ M, QUIRÓS R; Collaborative Augmented Reality for Inorganic Chemistry Education; 5th WSEAS / IASME International Conference on ENGINEERING EDUCATION (EE'08), Heraklion, Greece, July 22-24, 2008

R. Azuma, Y. Baillot, R. Behringer, S. Feiner, S. Julier,B. MacIntyre, Recent advances in augmented reality, IEEE Computer Graphics & Applications, vol.21, no.6, 2001,pp.34-47.