ANALISA POLA ASOSIASI JALUR MASUK TERHADAP KELULUSAN MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FOLD-GROWTH (STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI)


Mohamad Irfan(1*)

(1) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang seiring dengan tuntutan untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik dan terukur. Data yang diolah dijadikan pendukung untuk mengambil keputusan dengan memanfaatkan basisdata yang dimiliki untuk menentukan pola asosiasi jalur masuk calon mahasiswa terhadap kelulusan. Pola asosiasi antara data mahasiswa dan data kelulsan mahasiswa. Pola asosiasi antara dua jenis data tersebut dapat menunjukkan apakah ada keterkaitan antara variabel data mahasiswa yang terdiri dari jalur masuk dan Jurusan, dengan tingkat kelulusan mahasiswa yang bisa dilihat dari lama studi dan indeks prestasi kumulatif (IPK). Penelitian mencari pola asosiasi antara jalur masuk dengan kelulusan mahasiswa menggunakan metode FOLD-Growth. Dalam metode FOLD-Growth tahapan pertama yang dilakukan adalah mencari frequent itemset, pemangkasan item-item yang tidak frequent, pembangunan FP-Tree menggunakan transaksi yang telah dipangkas dan penggalian itemset frequent. Pencarian pola antara jalur masuk dengan kelulusan mahasiswa disertai nilai support dan nilai confident menghasilkan jalur masuk melalui tes tulis maka lama lulusnya lebih dari 4 tahun dengan IPK berada diantara 3.00 sampai 3.49 masuk dalam kategori B2 di jurusan Teknik Informatika, dengan nilai support 28,73. Jalur masuk tes PPA maka lulusnya lebih dari 4 tahun dengan IPK berada diantara 3,00 smapai 3,49 atau kategori B2 dengan niali support 12,80.

Full Text:

PDF

References


Hamnon, Marissa. 2012. Penerapan Metode Association Rule Dengan Algoritma FP-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Buku. Semarang: Universitas Brawijaya.

Hermawati, A. F. 2009. Data Mining. Surabaya: Penerbit Andi.

Slimani, Thabet. 2013. Efecient Analysis of Pattem Association Rule Mining. LARODEC Lab.

Ma’ruf, Amrul, F .2013. Aplikasi Data Mining Untuk Mengetahui Hubungan Proses Masuk Dengan Tingkat Kelulusan Mahasiswa. Yogyakarta: AMIKOM.

Mata, T. Ramon, A. 2002. Dasar-dasar Database Relational. Jakarta: Penerbit Erlangga

Prasetyo, Eko. 2012. Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB. Gresik: Penerbit Andi

Prastow, Deni. 2008. Penggunaan Struktur Data SoTrieIT untuk Pemangkasan Transaksi dengan Algoritma Data Mining Fold-Growth. Institut Pertanian Bogor(IPB). Bogor.

UIN Bandung. 2014. Pedoman Akademik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. CV. Insan Mandiri.