Hak-hak Anak dan Ideologi Orang Dewasa: Kajian Mitos Roland Barthes dalam Novel Grafis Salma Ta’rifu Huquuqaha

Reza Sukma Nugraha, Afnan Arummi, Tri Yanti Nurul Hidayati

Abstract


Sebagai bacaan anak, novel grafis Salma Ta’rifu Huquuqahaa (STH) karangan Fathimah al-Ma’dul menunjukkan karakteristik yang relevan dengan sastra anak. Selain ditampilkan dengan ilustrasi yang dapat menarik perhatian pembaca anak, narasinya pun menunjukkan unsur didaktik yang jelas, yaitu kesadaran akan hak-hak anak dan kepedulian terhadap lingkungan sosial. Moral tersebut ditampilkan melalui karakter anak bernama Salma. Akan tetapi, permasalahan muncul dalam karakterisasi Salma yang menjadi tokoh utama sekaligus penyampai moral. Selain itu, representasi moral di dalamnya perlu dibaca secara kritis agar maknanya dapat ditangkap oleh pembaca, baik pembaca anak-anak maupun pembaca umum. Oleh karena itu, dilakukan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Semiotika Roland Barthes sebagai pendekatan. Dengan melakukan pembacaan bertahap (signifikansi) terhadap tanda-tanda yang ada di dalam teks, diperoleh hasil bahwa teks STH menampilkan moral terkait kesadaran akan hak-hak anak dalam rangka melakukan sosialisasi Konvensi Hak-hak Anak PBB sebagai pedoman hak-hak anak secara global. Selain itu, mitos yang diungkapkan melalui sosialisasi itu adalah kampanye terhadap hak-hak anak di Mesir yang digagas oleh Suzanne Mubarak pada saat teks diterbitkan (2016).

Keywords


Sastra Anak, Semiotika, Roland Barthes, Sastra Arab

Full Text:

PDF

References


Al-Ma’dul, Fathimah. (2006). Salma Ta’rifu Huquuqahaa. Kairo: Nahdhat Mishr.

Ashour, Radwa, etc. (2008). Arab Women Writers: A Critical Reference Guide 1873-1999. Kairo: The American University in Cairo Press.

Barthes, Roland. (1972). Mythologies. New York: The Noonday Press.

Beatens, Jan (ed.). (2001). The Graphic Novel. Leuven: Leuven University Press.

Eagleton, Terry. (1991). Ideology. New York: Verso.

Hunt, Peter (ed.). (2002). Understanding Children’s Literature. London: Routledge.

McCallum dan Stephens. (2011). “Ideology and Children's Books” dalam Handbook of Research on Children's and Young Adult Literature. New York: Routledge.

Garz, Detlef. (2009). Lawrence Kohlberg: An Introduction. Opladen: Barbara Budrich.

https://www.unicef.org/indonesia/id/konvensi-hak-anak-versi-anak-anak

Krippendorf, K. (2004). Content Analysis an Introduction to Its Methodology. Thousand Oaks: Sage Publications.

Kurniawan, Heru. (2009). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press.

Nursugiharti, Titih. (2020). Ideologi Sastra Anak Habib Sang Pendekar Bumi Melayu, Jurnal LOA Jurnal Ketatabahasaan dan Kesastraan, Vol. 15, No. 1, 2020.

Piaget, Jean. 2002. The Construction of Reality. Oxon: Routledge.

Weber, R.P. (1990). Basic Content Analysis. Newbury Park: Sage Publications.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v17i2.10095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

free hit counter View My Stats