TINGKAT KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DOSEN TETAP PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA BARAT BERDASARKAN SKOR TOEFL; STUDI KASUS DI UNIVERSITAS AL-GHIFARI BANDUNG


Hartono Hartono(1*), R. Myrna Nur Sakinah(2), Ria Nirwana(3)

(1) FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS AL-GHIFARI, Indonesia
(2) FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS AL-GHIFARI, Indonesia
(3) FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS AL-GHIFARI, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan utama untuk mengetahui tingkat kemampuan Bahasa inggris para dosen tetap di Jawa Barat khususnya di Universitas Alghifari. Universitas Al-Ghifari adalah salah satu perguruan tinggi yang berlokasi di Jln.Cisaranten Kulon no.140 Bandung, JawaBarat. Berdasarkan Data kepegawaian, Universitas Al-ghifari memiliki 63 Dosen tetap yang tentu saja  mempunyai kemampuan Bahasa inggris yang berbeda-beda. Dengan adanya penelitian ini diharapkan nantinya akan terpetakan secara detail tingkat kemampuan Bahasa inggris dari skor  TOEFL yang di hasilkan masing-masing dosen tetap maupun kemampuan secara keseluruhan dosen tetap dengan cara diambil rata-rata. Dalam mengklasifikasikan tingkat atau level kemampuan tersebut peneliti akan berlandaskan pada tingkatan kemampuan  dari CEFR ( Common European Framework of Reference for Languages) yang dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing System). Metode yang digunakan adalah metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengambilan data berupa test TOEFL peneliti menggunakan aplikasi google form quiz. Pengolahan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan statistik deskriptif yaitu mengelola, meringkas dan menggambarkan hasil penelitian. Selain itu dengan statistic deskriptif ditujukan untuk mengetahui rata-rata hasil skor TOEFL sehingga akan diketahui gambaran jelas tentang tingkat kemampuan Bahasa inggris para dosen tetap Universitas Al-ghifari.  Hasil penelitian kami sajikan per fakultas, dan hasilnya adalah sebagai berikut: Fakultas Sastra rata-rata skor adalah 564 level B2 atau Upper Intermediate, Fakultas Ekonomi rata-rata skor adalah 468 level B1 atau intermediate, Fakultas ISIP rata-rata skor adalah 437 level A2  atau elementary, Fakultas MIPA rata-rata skor 491 level B1 atau intermediate dan Fakultas TEKPER rata-rata skor 464 level B1 atau Intermediate. 

TINGKAT KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DOSEN TETAP PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA BARAT BERDASARKAN SKOR TOEFL; STUDI KASUS DI UNIVERSITAS AL-GHIFARI BANDUNG


Keywords


Bahasa Inggris, Dosen, TOEFL,Jawa Barat,Universitas Al-Ghifari.

Full Text:

PDF

References


Alderson, J. C., Figueras, N., Kuijper, H., Nold, G., Takala, S., & Tardieu, C. (2006). Analysing Tests of Reading and Listening in Relation to the Common European Framework of Reference: The Experience of The Dutch CEFR Construct Project. Language Assessment Quarterly. https://doi.org/10.1207/s15434311laq0301_2

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

ITP, E. T. (2019). TOEFL ITP Test Taker Handbook. Ets.

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 PAREPARE. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana.

Philips, D. (2014). Longman Complete Course For The TOEFL TEST With Answer Key. In Longman Complete Course For The TOEFL TEST With Answer Key.

metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. ___ (2016).

Sulistiyaningsih, R., & Fadhilah, N. (2020). Peta Nilai TOEFL Mahasiswa STMIK Widya Pratama Pekalongan Terhadap Pencapaian Standar CEFR ( Common European Framework Reference ). XV(2), 20–24.

Syahyuri, S., Riyanto, R., & S, V. A. (2018). THE EFFECTS OF INSTRUCTIONAL METHOD AND LEARNING RESOURCES TOWARDS STUDENTSâ€TM SPEAKING SKILL. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.322.6

Bahmanpour, K., Faramarzi, S. O. and Naghipour, R. (2010) ‘Finiteness properties of local cohomology modules and generalized regular sequences’, Journal of Algebra and its Applications, 9(2), pp. 315–325. doi: 10.1142/S0219498810003951.

Mario, A. (no date) ‘Analisis Daya Saing Dosen Dalam Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN’, pp. 36–43.

Noni, N. et al. (2019) ‘Profil Kemahiran Berbahasa Inggris Mahasiswa Sebagai Prasyarat Kelulusan di Universitas’, pp. 134–142.

Piccardo, E. et al. (2011) Pathways through assessing , learning and teaching in the CEFR. Available at: http://ecep.ecml.at/Portals/26/training-kit/files/2011_08_29_ECEP_EN.pdf.

Placement, D., Preparation, P. and Proof, P. (2020) ‘Part of the TOEFL ® Family of Products’, 1. Available at: www.ets.org/legal.

Practice, G. (2011) ‘Using the CEFR’, (October). Available at: http://www.cambridgeenglish.org/images/126011-using-cefr-principles-of-good-practice.pdf.

Runnels, J. (2013) ‘FLP SIG: Student ability, self-assessment, and teacher assessment on the CEFR-J’s can-do statements’, The Language Teacher, 37(5), p. 3. doi: 10.37546/jalttlt37.5-1.

Sharpe, P. J. (2013) TOEFL iBT : internet-based test.

Sulistiyaningsih, R. and Fadhilah, N. (2020) ‘Peta Nilai TOEFL Mahasiswa STMIK Widya Pratama Pekalongan Terhadap Pencapaian Standar CEFR ( Common European Framework Reference )’, XV(2), pp.20-24




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v18i2.14974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

free hit counter View My Stats