DOKTRIN KULTURAL POLITIK NU

Ahmad Zainuri

Abstract


ABSTRAK

NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia. Dalam perjuangannya, NU memiliki banyak hal yang ditawarkan, mulai dari pendidikan, sosial, politik, ekonomi dan lain-lain. Ketertarikan NU untuk berkiprah di kancah politik dimulai sejak perjuangan dengan kedatangan Jepang. Resolusi Jihad dikeluarkan untuk melawan segala bentuk penjajahan dan bentuk bela kemerdekaan bangsa Indonesia. Kerja politik dimulai dari MIAI, GAPI dengan mendelegasikan aktivis muda NU untuk berpartisipasi dalam dunia politik, tak lain Masyumi, Partai Nahdlatul Ulama dan perjuangan politik yang kembali pada khittah 1926. Doktrin politik NU bertumpu pada khasanah keilmuan fiqh yang menjadi landasan ratu ilmu di dunia Islam dan pesantren. Keberadaan NU sebagai organisasi Islam mengalami seuah keharusan dalam memberikan partisipasinya untuk ruang politik, dengan beberapa doktrinal-doktrinal keagamaan yang dianutnya. Namun, tujuan akhir daripada NU dalam gelanggang politik dan sekembalinya ke khittah 1926 bahwa doktrin NU dalam keagamaan dan kebangsaan ialah tujuan utama untuk kemaslahatan umat dan bangsa. Penulis menggunakan metodologi sejarah sebagai pendekatan sekaligus metode untuk mendekati objek kajian yang terkait erat dengan hubungan politik dan sosial-kemasyarakatan maupun keumatan. Agar bisa disimpulkan bahwa doktrin NU yang kental dengan fiqh siyasah, akan tetapi dalam perwujudannya bisa bergerak dalam beberapa sudut pandang banyak arah. Politik sebagai jalan untuk melawan penjajah, sehingga keikutsertaan dalam praktis politik ialah dorongan keadaan dan semua terumuskan untuk kembali pada politik perjuangan awal dari NU 1926, politik kebangsaan atau politik kultural.

ABSTRACT

NU is the largest Islamic organization in Indonesia. In its struggle, NU has many things to offer, ranging from education, social, political, economic and others. NU's interest in taking part in politics began with the struggle with the arrival of Japan. The Jihad Resolution was issued against all forms of colonialism and forms of defense of the Indonesian nation's independence. Political work started from MIAI, GAPI by delegating young NU activists to participate in the political world, none other than Masyumi, the Nahdlatul Ulama Party and political struggles that returned to the 1926 khittah. NU's political doctrine rests on the scientific knowledge of fiqh which is the foundation of the queen of knowledge in the Islamic world. and Islamic boarding schools. The existence of NU as an Islamic organization experiences a necessity in giving its participation in the political space, with several religious doctrines it adheres to. However, the final goal of NU was in the political arena and upon its return to the 1926 khittah that the NU doctrine in religion and nationality was the main goal for the benefit of the people and the nation. The author uses historical methodology as an approach as well as a method to approach the object of study which is closely related to political and social-social and public relations. So that it can be concluded that the NU doctrine is thick with fiqh siyasah, but in its manifestation it can move in several points of view in many directions. Politics as a way to fight against the colonialists, so that participation in political practice was a driving force for the situation and everything was formulated to return to the politics of the initial struggle of NU 1926, national politics or cultural politics.


Keywords


NU, Doktrin, Politik

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. (2011). Islam dan Dinamika Sosial Politik Di Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama.

Ali Engineer, A. (2000). Devolusi Negara Islam. Pustaka Pelajar.

Ali Haidar, M. (1994). NAHDLATUL ULAMA DAN ISLAM DI INDONESIA: Pendekatan Fikih dalam Politik. PT Gramedia Pustaka Utama.

Amin, M. M. (1996). NU & Ijtihad Politik Kenegaraannya. Al-Amin.

B. Nambo, A., & Rusdiyanto Puluhuluwa, M. (2005). MEMAHAMI TENTANG BEBERAPA KONSEP POLITIK (Suatu Telaah dari Sistem Politik). Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, Vol. 21(2), 263. https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i2.177

Bush, R. (2009). Nahdlatul Ulama and the Struggle for Power within Islam and Politics in Indonesia. ISEAS Publishing.

Chalik, A. (2017). Islam, Negara Dan Masa Depan Ideologi Politik. Pustaka Pelajar.

Constantine Lumenta, J. (2016). DOKTRIN SEBAGAI SUMBER HUKUM [Tesis]. Universitas Kristen Satya Wacana.

Darajat, Z. (2017). Muhammadiyah dan NU: Penjaga Moderatisme Islam di Indonesia. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, Vol. 1(1), 84. https://doi.org/10.21009/hayula.001.1.05

Doktrin. (2021). [Homepage]. Kbbi.Web.Id. https://kbbi.web.id/doktrin

Fealy, G. (2003). Ijtihad Politik Ulama: Sejarah NU (1952-1967). LKiS.

Feillard, A. (2013). NU vis a vis Negara: Pencarian Bentuk, Isi dan Makna. LKiS.

Gumilar, S. (2017). Historiografi Islam: Dari Masa Klasik Hingga Modern. CV Pustaka Setia.

Haris, M. (2012). POTRET PARTISIPASI POLITIK NU DI INDONESIA DALAM LINTASAN SEJARAH. JRP: Jurnal Review Politik, Vol. 2(2), 136.

Ida, L. (2004). NU MUDA: kaum Porgresif dan Sekularisme Baru. Erlangga.

Ismail, F. (2020). NU Moderatisme dan Pluralisme: Konstelasi Dinamis Keagamaan, Kemasyarakatan dan Kebangsaan. IRCiSoD.

Karin, A. G. (1995). Metamorfosis NU dan Politisasi Islam Indonesia. LKiS.

Mahatma, M. (2017). Paradigma Politik Nahdlatul Ulama (NU) dalam Bernegara. Mawa’izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, Vol. 8(1), 32. https://doi.org/10.32923/maw.v8i1.695

Martin Sitompul, E. (2010). NU Pancasila. LKiS.

Misrawi, Z., & Novriantoni. (2004). Doktrin Islam Progresif: Memahami Jalan Sebagai Ajaran Rahmat. LSIP.

Mustaqim, M. (2015). POLITIK KEBANGSAAN KAUM SANTRI:Studi Atas Kiprah Politik Nahdlatul Ulama. Addin: Jurnal Media Dialektika Ilmu Islam, Vol. 9(2), 335. http://dx.doi.org/10.21043/addin.v9i2.618

Sobary, M. (2010). NU DAN KEINDONESIAAN. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sulthon. (2019). Metodologi dan Teoretisasi Politik Islam. Al-Daulah: Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam, Vol. 9(1), 28. https://doi.org/10.15642/ad.2019.9.1.25-51

Thohir, A., & Sahidin, A. (2019). , Filsafat Sejarah Profetik, Spekulatif dan Kritis. Prenada Media Group.

Van Bruinessen, M. (1994). NU: Tradisi, Relasi-relasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru. LKiS.

Warid, A. (2009). Fiqih Politik NU: Studi Pergeseran dari Politik Kebangsaan ke Politik Kekuasaan. Asy-Syir’ah: Jurnal Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga, Vol. 43(1), 213–214. http://dx.doi.org/10.14421/asy-syir'ah.2009.%25x

Zada, K. (2010). Nahdlatul Ulama: Dinamika Ideologi dan Politik Kenegaraan. Kompas Media Nusantara.

Zahro, A. (2004). Tradisi Intelektual NU: Lajnah Bahtsul Masa’il (1926-1999). LKiS.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v18i2.15075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

free hit counter View My Stats