NILAI-NILAI KARAKTER YANG MEMBANGUN PERADABAN MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1796Keywords:
nilai yang diciptakan, nilai karakter, nilai budayaAbstract
Budaya-budaya asing cenderung membuka ruang pada asimilasi dan kultur budaya dunia. Situasi dan kondisi sosiologis yang terjadi menunjukkan terjadinya pergeseran nilai pada hampir setiap bidang dan sendi kehidupan manusia, terutama bidang pendidikan. Pendidikan karakter menjadi urgen sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Pendidikan karakter yang dimaksud adalah pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai budaya luhur bangsa.
 Berawal dari nilai-nilai yang diciptakan manusia berupa nilai beragama, nilai ekonomi, nilai politik, nilai praktik, nilai subjektif, nilai estetika, nilai sosial, nilai seni, nilai ilmu pengetahuan, serta nilai dasar. Kemudian Nilai-nilai yang membangun karakter manusia berupa nilai filosofis, nilai budaya, nilai agama, nilai tujuan. Lalu Nilai-nilai budaya yang berpengaruh terhadap peradaban diantaranya kombinasi konsep nilai individu dan masyarakat, dan kombinasi konsep nilai spiritual dan material. Sementara Nilai-nilai menurut Islam yang membangun peradaban adalah nilai akhlak.
Maka pendidikan sebagai lembaga sosial yang berfungsi dalam pembentukan karakter manusia yang berbudaya dan melakukan proses pembudayaan nilai-nilai, perlu adanya upaya peningkatan kualitas hidup manusia, pendidikan dan kebudayaan. Antara pendidikan dan kebudayaan dapat menjadi dua komponen yang mendeterminasi satu sama lain. Hubungan ketergantungan di antara keduanya mengandung pengertian bahwa kualitas pendidikan akan menunjukkan kualitas budaya. Demikian juga selanjutnya, kualitas kebudayaan akan menunjukkan kualitas manusia yang berperadaban. Dengan demikian pendidikan karakter yang berbudaya yang mamapu menciptakan peradaban yang beradab tercermin dari nilai-nilai yang dianut oleh bangsanya sendiri.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ulil Amri Syafri, 2014, Pendidikan Karakter berbasis al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindi Persada..
Ibnu Mustafa, 1993, Keluarga Islam mengongsong Abad 21, Bandung: Al-Bayan.
Bertens, K, 2000, Etika, Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Hans Jonas, 1992, The Burdenand Blessing of Mortality, Hastings Center Report, vo. 22, nr.1.
Bagus Lorens. 2005. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
http://www.asmakmalaikat.com/go/artikel/pendidikan/umum1.htm.
Lockona,
Bertens, K, 2000, Etika, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ali, t.t, Kamus Populer, Surabaya: QAlfa.
Saifuddin Azwar, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, edisii ke-2 , Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koencaraningrat, 2003, ………
Ki Fudyartanta, 2012, Psikologi Kepribadian Paradigma Filosofis, Tipologis, Psikodinamik dan Organismik-Holistik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Oman Sukmana, 2008, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Manusia dan Peradaban) Diktat Kuliah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang.
Nursyid Sumaatmaja, 2002, Pendidikan Pemanusiaan, Manusia dan Manusiawi, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Suratman, 2009, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (Manusia dan Peradaban), Hand Out, Program Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma).
Soerjono Soekanto, 2009, Sosiologi Keluarga tentang Ikhwal Keluarga Remaja dan Anak, Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, 1993, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad Noor Syam, 1986, Filsafat Pendidikan dan dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha nasional, 1986.
Noeng Muhadjir, 1987, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Suatu Teori Pendidikan, Yogyakarta: Rake Sarasin, IV/
HMI Cab. Bogor, 1989, Nilai-nilai Identitas Kader NIK, Buku Pedoman HMI Cab. Bogor
Endang Saifuddin, 1982, Agama dan Kebudayaan, Surabaya: Bina Ilmu, II/
Muhaimin dkk, 1993, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Downloads
Published
Issue
Section
License
PROPOSED CREATIVE COMMONS COPYRIGHT NOTICES
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).