MODEL DAN TEKNIK PENERJEMAHAN KALIMAT BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA INDONESIA


Akmaliyah Akmaliyah(1*)

(1) Jurusan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunun Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap bahasa memiliki karakteristik tersendiri, termasuk kekhasan aturan bahasa di dalamnya. Maka dalam rangka menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia memiliki aturan masing-masing yang berbeda. Ketika menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia, selain menggunakan model dan teknik menerjemahkan, perlu juga tetap memperhatikan aturan rangkaian katanya dalam kalimat bahasa Arab yang berbeda dengan kalimat bahasa Indonesia. Selanjutnya kalimat hasil terjemahan terpaku pada aturan kalimat dalam bahasa Indonesia. Meskipun aturan kalimat dalam bahasa Arab diabaikan tetapi pesan dan makna yang ada di dalamnya tetap tersampaikan dalam kalimat bahasa Indonesia.


Keywords


Model dan teknik Penerjemahan, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


A.Widyamartaya. 2003. Seni menuangkan gagasan. Yogyakarta : Kanisius.

Ananiy, Muhammad, DR. 1992. Fannut Tarjamah. Kairo : Daru Nubar.

E.Sadtono, Prof.,DR. 1985. Pedoman Penerjemahan. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hernowo. 1999. Memindah Budaya, Kriteria Hasil Terjemahan Yang Baik (Artikel). Bandung : Diklat Penerjemahan Se-Jabar Himpunan Mahasiswa PBA SMF Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati, 1 Mei 1999.

Mohamad Mansyur dan Kustiwan, Dalîl al-kâtib wa la-mutarjim, Pedoman Bagi penerjemah Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab, Jakarta: Moyo Segoro Agung, 2002. Anas Amin Alamsyah dan Achmad (Ed.).

Nababan, M.Rudolf, Drs. Mpd. 1999. Teori Menerjemahkan Bahasa Inggeris. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nida, Eugene. dan A. Taber, Charles.R. 1974. The Theory and Practice of Translation. Leiden : E.J Brill.

Sayyid Mansi, Abdul Alim dan Abdur Razaq Ibrahim, Abdullah. 1988. At Tarjamah Ushuluha Wa Mabadiuha Wa Tatbiquha. Riyadh : Daru al Marikh.

Yusuf, Suhendra, Drs. MA. 1994. Teori Terjemah,Pengantar Ke Arah Pendekatan Linguistik dan Sosiolinguistik. Bandung : Mandar Maju.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i01.1836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

free hit counter View My Stats