TINJAUAN KOGNISI SOSIAL TERHADAP SOSIAL BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i01.1839Keywords:
Kognisi sosial, sosial budaya, kepribadian, ijtihadAbstract
Hasil prilaku manusia sering dipengaruhi oleh orang lain dan kondisi stimulus dengan mekanisme dari proses pembiasaan merespon dan peniruan model. Teori ini arahnya pada peran sosial model manusia pada motivasi, pikiran dan tindakan berdasarkan pembelajaran observasional sebagai hasil determinasi resiprokal antara kognitif, prilaku dan lingkungan. Prosedur belajar sosial diatas sama halnya dengan prosedur belajar dalam presfektif Studi Islam. Hanya saja dalam presfektif Islam, dipengaruhi oleh bawaan (fitrah) yang dilakukan melalui belajar keteladanan Islami, belajar nilai (keyakinan, kebajikan, kebenaran dan kesabaran), belajar pola asuh (koersif, permisif dan dialogis melalui bahasa petunjuk, bahasa keterampilan, bahasa ilmiah dan bahasa lifeskills), belajar nalar dan belajar naturalis. Segala sesuatu yang diindrakannya akan mempengaruhi pembentukan mental. Sementara itu di masyarakat religius Islam, religi berfungsi sebagai etos dan motivasi, sebab di dalamnya mempengaruhi potensi fitrah yang dipertimbangkan secara kognisi berdasarkan pertimbangan daya akal, daya kalbu dan daya nafsu sehingga menghasilkan asy-syakhshiyat (kepribadian) yang terkategori pada kepribadian yang mendapat hidayah dan kepribadian yang tidak mendapat hidayah. Islam dengan landasan ajaran spiritual, etika dan moral yang khas atas kewahyuan dan suri tauladan yang sami’na wa atha’na harus menjadi penyeimbang, penserasi, penyelaras antara dunia dan akhirat dan menjadi inspirasi dan stimulus nilai-nilia moral yang berperadaban. Oleh karena itu, umat Islam dengan penuh kejujuran harus mampu bekerja keras meningkatkan civilitasi ilmu pengetahuan yang bermutu pendidikan, penguasaan teknologi yang aksiologis berfondasi kepribadian yang mantap, cerdas, berkualitas berdasarkan Islam. Ekspresinya ijtihad menjadi dinamika peradaban Islam yang penting dalam memecahkan persoalan sosial budaya masa kini dan ke depan.
References
Albert Bandura, (1969), The Role of Modeling Processes In Personality Development, (Ed) Donna M. Gelfand in Social Learning in Childhood, California: A Division of Wadsworth Publishing Company, Inc.
-------------------, (1977), Social Learning Theory, Engliwood Cliffs, NJ: Pretice Hall.
------------------, (1986), Social foundations of thought and action: A social cognitive theory, Perntice Hall: Engliwood Cliffs.
------------------, (1999), Social Cognitive Theory:A Agentic Persfektive, Asian Journal of Social Psychology, USA:Stanford Universiity.
------------------, (1996), Social Learning Theory, New Jersey: Prentice-Hall, INC, Engliwood Cliffs.
------------------, (1980), Social Cognitif Theory, In R. Vasta (Ed), Annals of child development. Vol. 6. Six theories of child development (pp. 1-60) (Greenwich: CT: JAI Press.
------------------, Locke, E.A, (t.t), Negative self-efficacy and goal effects revisited, Journal of Applied Sychology.
Ali Syaria’ati, (1982), Sosiologi Islam, Yogyakarta: Ananda..
Al Ghazali, (t.t), Ihya’ ‘Ulum Ad-Din, Jilid III, Mesir: Dar Al-Ihya wa Al Kutub Al-Arabiyah.
Asy-syati, (1966), Al Maqal fi al-Insan: Dirasah Qur’aniyah, Mesir: Dar al-Ma’arif.
Abu Ahmadi, (2007), Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta.
Asep Ahmad Hidayat, (2003), Perubahan Sosial dalam Al-Qur’an, Dialektika Budaya Vol. XI No.1/2003, Bandung: Fak. Adab IAIN SGD.
-----------------, (2006), Filsafat Bahasa: Mengungkap Halikat Bahasa, Makna dan Tanda, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abdul Mujib, (1999), Fitrah & Kepribadian Islam Sebuah Pendekatan Psikologis, Jakarta: Darul Falah.
Abdul Mujid, Jusuf Mudzakkir, (2008), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
-----------------, (2001), Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja Prasindo Persada.
Ayams al-Din ibn ‘Abd Allah Ibn Qayyim al-Jauziyyah, (1992), al-Ruh, Beirut: Dar al-Fikr.
Abu Hamid Muhammad al-Ghazaliy, (t.t), Maqashid al-Falasifat, editor Sulaaiman Dunya, Mesir: Dar al-Ma’arif.
Ahmad Tafsir, (2006), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-----------------, (2008), Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmas Supardi, (1996), Pendidikan Agama: Mengatasi Transisi Budaya. Mimbar Studi no. 76/xvii/januari/1996, Bandung: IAIN SGD.
B.R. Hergenhahn & Matthew H. Olson, (2008), Theories of Learning, alih bahasa oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Prenada Media Group Kencana.
Badruddin Muhammad, (2010), Manusia dalam Perspektif Al Qur’an, tersedia: badruddinmuhammad. Blogspo .com/.../manusia- dalam-prespektif-al-quran.html –
C.P Caplin, (1989), Kamus Lengkap Psikologi, terj. Kartini Kartono, Jakarta: Rajawali.
C. George Boeree, (17 April 2010) tersedia:http://webspace.ship.edu/cgboer/bandura.
htmlAlbert Bandura.
Gerungan, WA, (2004), Psycologi Sosial, Jakarta: Felika Aditama.
-----------------, Psikologi Sosial (2004), Bandung: Refika Aditama.
Goegle. Httpw///Strickland. 2001
------------------, (2009), Tersedia: http://fisikaumm.blogspot.com/2009/01/teori-belajar menurut-islam.html
Gibson, Ivancevich, Donnelly, (1996), Organisasi, alih bahasa Nunuk Adiarni, Jakarta: Binarupa Aksara.
Harun Nasution (1986), Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta: UI Press.
Ibin Kutibin Tadjudin, (2007), Psikoterapi Holistik Islami, Bandung: Kutibin.
John W. Santrock, Educational Psychology, alih bahasa Tri Wibowo B.S edisi 2, cet. 2 (Jakarta; Prenada Media Group),.
Jalaluddin Al-Mahalli, JalaluddinAs-Syuyuthi, (1997), Tafsir Jalalain Berikut Asbaabun Nuzuul Ayat, Jilid I-IV, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Jalaludin, (2009), Psikologi Agama, edisi revisi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Juhaya S. Praja, (1990), Ulumul Qur’an, no. XII, II/1990, Bandung: UIN SGD.
Jurnal Mimbar Studi No. 3 Tahun XXII, Mei-Agustus 1999, Bandung: Mimbar Studi.
Muhibin Syah, (1995), Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-----------------, (2010), Edisi Revisi 9, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
----------------, (2010), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muhaimin & Abd. Mujib, (1993), Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya.
Muhaimin, (2002), Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mudlor Ahmad, (t.t), Manusia dan Kebenaran, Surabaya: Usaha Nasional.
----------------, (1997) Pengantar Ilmu Jiwa Umum, Yogyakarta: Andi.
Muhammad Utsman Najati,(2005), Psikologi dalam Al Qur’an, alih bahasa M. Zaka Alfarisi, Bandung: Pustaka Setia,.
Ma’an Zidayat, dkk, (1986), al-Mausu’ al-Falsafiyah al-‘Arabiyat, Arab: Inma’ al-‘Arabiy.
Muhammad Nasib ar-Rifa’i, (2004), Taisiru al-Aliyyul Qadir li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir, jilid 3, penerjemah Syihabudin, Jakarta: Gema Insani.
Mujid, Jusuf Mudzakkir, (2008), Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Prenada Media Group.
Musa Asy’ari, (1992), Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al Qur’an, cet I Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam.
Nur Ahid, (2010), Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurwadjah Ahmad, (2007), Tafsir Ayat-ayat Pendidikan: Hati yang selamat hingga kisah Luqman, Bandung: Marja.
Robert E. Slavin, (1986), Educational Psychology Theory into Practice, New Jersey: Prentice Hall, Engliwood Cliffs.
Robert A Baron, Donn Byrne, (2004), Psikologi Sosial, Jilid I edisi 10, alih bahasa Ratna Djuwita, Jakarta: Erlangga.
Ramdhan Muhammad Qadzafi, (1990), Ilmu An Nafsi Al Islami, Jamahiri: Shihifata Ad Da’awati Al Islamiyah.
Rachmat Djatnika, (1996), Norma-norma Agama dalam Realitas Sosial di Indonesia, Mimbar Studi no. 76/xvii/januari/1996, Bandung: IAIN SGD.
Rafy Sapuri,(2009), Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern, Jakarta: Rajawali Pers.
Rizza Aria Ferdian, (t.t), tersedia: http://rizza-af-guruindo.blogspot.com/2010/07/ mengembangkan-keterampilan-sosial-pada.html. (Senin, 12 Juli 2010)
Sofyan Anwar Mufid, (2010), Islam & Ekologi Manusia: Paradigma Baru, Komitmen dan Integritas Manusia dalam Ekosistemnya, Refleksi Jawaban atas Syahminan Zaini, Muhaimin, (1991), Belajar sebagai Sarana Pengembangan Fitrah Manusia, Jilid 1, Jakarta: Kalam Mulia.
Wikipedia, (t.t), tersedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Albert_Bandura.
----------------, (t.t), tersedia: http//www.emory.edu/EDUCATION/mfp/bandurabio .html [17April 2010]
----------------, (t.t), Pendidikan dan Basis Akademik, Tersedia:
Downloads
Published
Issue
Section
License
PROPOSED CREATIVE COMMONS COPYRIGHT NOTICES
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).