DEKONSTRUKSI CERITA ABSURD NUKILA AMAL


Pepen Priyawan(1*)

(1) Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Teks sastra berkait dengan membaca secara dekonstruktif. Cerpen berjudul Hari Anya Jatuh Cinta dan Syam karya Nukila Amal (2010) bisa dibaca dengan menekankan wacana dekonstruksi. Berdasar pada wacana dekonstruksi, narasi dan relevansi antara keduanya kata dalam narasi Hari Anya Jatuh Cinta bisa meninggalkan kenyataan dan regularitas makna dan absurdisme mengalir berdasar pada kepercayaan ke-tak berarti-an pada dunia regulasi narasi dan konsep difference yang menjadi efek permainan konsep atau kata untuk sebuah perwujudan verbalisasi dan nominalisasi. Aktifitas teori poststruktural seperti ini ketika diterapkan terhadap cerpen bisa menggambarkan diskusi teoretis dan metodologis. Narasi akan dikonfirmasi ulang dengan pembacaan terhadap teks secara dekonstruksi. Narasi dipaparkan secara analisis dekonstrutif, dielaborasi dan terintegrasi dengan simbol dalam bentuk kata dan bahasa. Lalu penjelasan selanjutnya akan diarahkan  pada regularitas makna, dan ke-tak berarti-an pada regulasi narasi dan konsep difference yang menjadi konsepsi efek permainan konsep atau kata untuk sebuah perwujudan verbalisasi dan nominalisasi.


Keywords


Dekonstruksi, Cerita Pendek, Nukila Amal, difference, Relasi Makna

Full Text:

PDF

References


Amal, Nukila. 2010. Hari Anya Jatuh Cinta (Koran Tempo, 29 Agustus 2010)

Amal, Nukila. 2010. Syam (Koran Tempo, 29 Agustus 2010)

Amal, Nukila. 2005. Laluba: Kumpulan Cerita Pendek Alvabet.

Davis, Robert Con & Schleifer Roland. 1994. Contemporary Literary Criticism:Literary and Cultural Studies. London: longman Publisher.

Eagleton, Terry. 1996. Literary Theory: An Introduction (2nd edition). Massachusetts: Blackwell Publishers.

Fanon, Frantz. 1961. The Wretched of the Earth. San Diego: Penguin.

Foucault, Michael. 2012. The Archaeology of Knowledge. Trans. Inyiak Ridwan Munir. 1st ed. Jogjakarta: IRCiSod,

Gordon, Lois. 2002. Reading Godot. New Haven and London: Yale University Press.

Hodges, Ian. 2002. Moving Beyond Words: Therapeutic Discourse and Ethical Problematization. Discourse Studies 4(4): 455–479

Keith, Booker, M. 1996. A Practical Introduction to Literary Theory and Criticism. New York: Longman Publisher.

Mardiana, Ninik. 2009. "Analisis Dekonstruksi Derrida Terhadap Sistem Stratifikasi Sosial Bali Dalam Karya-Karya Oka Rusmini." Malang: Universitas Negeri Malang.

Pasaribu, Adrian Jonathan. 2011. "Dekonstruksi Nilai-Nilai Keluarga Dalam Film Noir: Analisis Struktur Naratif Double Indemnity, the Postman Always Rings Twice, Dan Kiss Me Deadly." Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Rajagopalachari, C. 2008. Mahabarata: Kisah Epos Sepanjang Zaman: Sebuah Epik Pencerahan Jiwa Manusia. Jogjakarta: IRCisOd.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i02.1979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

free hit counter View My Stats