DALUANG SEBAGAI ALAS TULIS DALAM PROSES PENYEBARAN ISLAM DI NUSANTARA


Agus Permana(1*), Mardani -(2)

(1) Fakultas adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Fakultas adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memaparkan tentang kertas daluang dengan berbagai aspeknya yang meliputi tentang asal-usul, ragam aksara, alat dan alas tulis dan peranan umat Islam dalam memanfaatkan daluang sebagai bahan dasar penulisan naskah keislaman nusantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan metode penelitian arkeologis dengan tahapan-tahapan kerja: pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan rekonstuksi budaya dan pelaporan serta publikasi hasil penelitian. Dari penelitian ini bisa ditarik kesimpulan bahwa kertas daluang telah berperan sangat penting dalam proses penyebaran Islam Nusantara yaitu melalui pemanfaatannya sebagai alas tulis dalam karya-karya intelektual Islam Nusatara. Naskah-naskah Keislaman yang berbahan alas tulis daluang ini banyak tersimpan di lembaga-lembaga preservasi naskah baik ditingkat nasional maupun di daerah-daerah. Teknik pembuatan kertas daluang secara tradisional pun masih bisa dilacak sampai hari ini terutama di kabupaten Garut provinsi Jawa Barat.


Keywords


Daluang. Arkeologis, Naskah, penyebaran Islam

Full Text:

PDF

References


Abu Hamid, Syekh Yusuf Makassar: Seorang Ulama, Sufi dan Pejuang (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005).

Ajip Rosidi dkk, Konferensi Internasional Budaya Sunda (KIBS) : Prosiding (Bandung: Yayasan Kebudayaan Rancage, 2006), 443Azyumardi Azra, Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII: Melacak akar-akar Pembaharuan Pemikiran IslamIndonesia (Bandung: Mizan, 1994).

Azyumardi Azra, Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII: Melacak akar-akar Pembaharuan Pemikiran IslamIndonesia (Bandung: Mizan, 1994).

Budi Susanto (Edd.), Ge(mer)lap Nasionalitas Postkolonial (Yogyakarta: Kanisius, 2008).

Edi S. Ekadjati, Kebudayaan Sunda Zaman Pajajaran (Jakarta: Pustaka Jaya, 2009).

Edy S. Ekadjati, Polemik Naskah Pangeran Wangsakera (Jakarta:Pustaka Jaya, 2005).

Ibnu Hazm al-andalusi, Untaian Kalung Merpati: Seni Mencinta dan Untaian Kisah Kasih Sepanjang Masa, edisi terjemahan (Jakarta: Serambi, 2005).

Josep Needham and Tsien tsuen-Hsuin, Science and Civilization in China, Chemistry and Chemical Technology, Part 1, Paper and Printing, volume 5 (Cambridge: Cambridge University Press, 1985).

Kushartanti dan Untung Yuwono, Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005).

Setiawan Sabana dan Hawe Setiawan, Legenda Kertas: menelusuri jalan sebuah peradaban (Bandung: Kiblat, 2009).

Philip K. Hitti, History of Arab, Edisi terjemah (Jakarta: Serambi, 2005).

Rosyadi, Pelestarian dan Usaha Pengembangan Aksara Daerah Sunda (Jakarta: Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya Jawa Barat (Indonesia), 1997).

Saleh Danasasmita dkk, Sewaka Darma, Sanghyang Siksakandang Karesian dan Amanat Galunggung (Bandung, Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sunda (Sundanologi) Dirjen Kebudayaan Depdikbud, 1987).

Setiawan Sabana dan Hawe Setiawan, Legenda Kertas: Menelusuri Jalan Sebuah Peradaban (Bandung: Kiblat, 2005 ).

Sunarto H dan Vivieane Sukanda-Tessier, Cariosan Prabu Silihwangi, (Jakarta: EFEO, 1983).

Titik Pudjiastuti, Perang, Dagang, Persahabatan: Surat-Surat Sultan Banten (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007)

Titik Pudjiastuti, Aksara dan Naskah Kuno lampung dalam Pandangan Masyarakat Lampung Kini (Jakarta: Depdikbud RI, 1997).

T.E. Behrend, Katalog Induk naskah-Naskah Nusantara jilid 4 : Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998).

Uka Tjandrasasmita, Kajian naskah-Naskah Klasik dan Penerapannya Bagi Kajian Sejarah Islam di Indonesia (Jakarta: Puslitbang Lektur Kemenag RI, 2006).

Uka Tjandrasasmita, Arkeologi Islam Nusantara (Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2009).

http://floranegeriku.blogspot.com/2011/06/pohon-saeh-broussonetia-papyrifera-l.html. diakses tgl. 5 juli 2013, pukul 21.32.WIB.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i2.1996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

free hit counter View My Stats