DARI SUFISTIK KE POP RELIGI: SEJARAH TRANSFORMASI MUSIK DALAM PERADABAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v20i1.22969Keywords:
Sejarah, Transformasi Musik, Peradaban IslamAbstract
Musik dalam sejarah perkembangan peradaban Islam memiliki ragam legalitasnya, baik pelarangan oleh kaum Islam ortodoks, atau diperbolehkan oleh kaum sufi dan ulama lain selama tak ada unsur kemaksiatan. Perbedaan sudut pandang ini mengindikasikan besarnya peran seni musik dalam perkembangan peradaban Islam, sehingga perlu adanya pengawasan ketat atas musik dari masa peradaban Islam klasik hingga kontemporer. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan transformasi perkembangan musik dalam sejarah peradaban Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan tahapannya: 1) Heuristik, sumber data penelitian dikumpulkan lewat studi pustaka; 2) Kritik Sumber, menyeleksi kevaliditas sumber data penelitian; 3) Interpretasi atau tahap analisis; 4) Historiografi. Hasil penelitian menunjukkan pada masa klasik hingga abad pertengahan peradaban Islam, musik identik dengan musif sufistik yang diperuntukkan sebagai media mendekatkan diri pada Tuhan. Praktik ini juga menghasilkan snei musik seperti nasyid dan qasidah. Eksistensi musik sufistik tergeser seiring modernisasi dan pengaruh budaya musik populer dari Barat. Pada umumnya pelaku musik pop religi identik dengan profesi ketimbang sebagai pihak yang menjadikan musik sebagai sarana meningkatkan gairah spiritual kepada Tuhan. Terdapat pergeseran posisi musik, dahulu sebagai wadah mencari kepuasan bathin dalam konteks religius, sekarang cenderung menjadi wadah konsumerisme yang kental ketimbang nilai religius dalam bermusik.
References
Adams, M. (2014). Music and the Play of Power in the Middle East, North Africa and Central Asia. Journal of the Musical Arts in Africa, 11(1), 129-132.
Akmaliah, W. (2014). WHEN ULAMA SUPPORT A POP SINGER Fatin Sidqiah and Islamic Pop Culture in Post-Suharto Indonesia. Al-JÄmi‘ah: Journal of Islamic Studies, 52(2), 351-373.
Al-Faruqi, L. L. (1982). ’Al-Ghozali on sama’. In I. R. Al-Faruqi, Essays in Islamic and Comparative Studies (pp. 44-45). Washington DC: International Institute of Islamic Thought.
Ambary, H. M. (1997). Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Van Hoeve.
Asy’ari, M. (2007). Islam dan Seni. Jurnal Hunafa, 4(2), 169-174.
Cowan, J. M. (1980). A Dictionary of Modern Written Arabic. London: Mac Donald & Evans LTD.
Ernst, C. W. (2003). Ajaran dan Amaliah Taswuf. (A. Anwar, Penerj.) Yogyakarta: Pustaka Sufi.
Farihah, I. (2013, Juli – Desember). MEDIA DAKWAH POP. AT-TABSYIR Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 25-45.
Fikri, S. (2014). Seni Musik dalam Perspektif Islam. Studi Multidisipliner, 1(2), 1-25.
Gazalba, S. (1978). Asas Kebudayaan Islam: Pembahasan Ilmu dan Filsafat tentang Ijtihad, Fiqh, Akhlak, Bidang-bidang Kebudayaan, Masyarakat dan Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Glasse, C. (1996). as-sama'. Dalam C. Glasse, Ensiklopedi Islam Ringkas (G. A. Masudi, Penerj.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Gottschalk, L. (1986). Mengerti Sejarah. (N. Notosusanto, Penerj.) Jakarta: UI Press.
Harimurti, S. M. (2015, April). SENI PADA MASA PEMERINTAHAN DINASTI ABBASIYAH TAHUN 711 – 950 MASEHI. Jurnal Kajian Seni, 1(2), 194-204,.
Hasmy, A. (1986). Sejarah kebudayaan Islam. Bandung: Bulan Bintang.
Indrawan, A. (2012, Juni). Musik Di Dunia Islam Sebuah Penelusuran Historikal Musikologis. TSAQAFA Jurnal Kajian Seni Budaya Islam, 1(1), 38-55.
Jamil, S. (2022). Musik dalam Pandangan Islam (Studi Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi). Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 4(1), 26-36.
Karman, R. (2020, Mei 12). Musik Islami: Aliran dan Perkembangannya di Indonesia. Dipetik Juli 7, 2023, dari IBTimes.ID – Rujukan Muslim Modern: https://ibtimes.id/musik-islami-ragam-aliran-dan-perkembangannya-di-tanah-air/
Laan, N. t. (2021). Musical negotiations of a ‘moderate’ versus a ‘radical’ Islam in Morocco: dissonance and the sonic among vocal performers of Islam-inspired music. Religion, 51(2), 214-236.
Mack, D. (2001). Musik Kontemporer dan Persoalan Interkultural. Yogyakarta: Arti Line.
Mahmudunnasir, S. (1993). Islam, its concepts and history Konsepsi dan Sejarahnya (3 ed.). (T. S. Affandi, Penerj.) Bandung: Remaja Rosdakarya.
Michon, J. L. (2003). Musik dan Tarian Suci dalam Islam. Dalam S. H. Nasr, Ensiklopedi Tematis Spiritual Islam, Manifestasi (R. M. M. Sholihin Ariyanto, Penerj.). Bandung: Mizan.
Muhaya, A. (2003). Bersufi Melalui Musik, Sebuah Pembelaan Musik Sufi Oleh Ahmad Al-Gazali. Yogyakarta: Gama Media.
Nasir, A. (2016). HUBUNGAN TASAWUF DENGAN MUSIK SPIRITUAL (ASSAMÄ€') (Meneropong Kedalaman Sejarah, Sebagai Fenomena Mistisisme Spiritual). Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf, 2(2), 527-545.
Syarifuddin, A. I. (2021, September). TRANSFORMASI DINAMIKA SASTRA DAN SENI DALAM MASYARAKAT MUSLIM INDONESIA. al-mabsut, 15(2), 143-153.
Yatim, B. (2011). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali.
Yunus, M. (2016). Musik dalam Sejarah Dunia Islam. Jurnal Qolamuna, 2(1), 45-56.
Downloads
Published
Issue
Section
License
PROPOSED CREATIVE COMMONS COPYRIGHT NOTICES
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).