PERKEMBANGAN PEMIKIRAN KONSEP PENDIDIKAN DIRI DALAM PERSPEKTIF TASAWUF MUHAMMAD IQBAL
DOI:
https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v16i1.4838Keywords:
Pemikiran, Pendidikan diri, TasawufAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: Latarbelakang Iqbal mengemukakan pemikiran tentang pendidikan diri; 2) Dasar-dasar filosofis pendidikan diri menurut Muhammad Iqbal; 3) Fase-fase pendidikan diri menurut Muhammad Iqbal; 4) Peran intelek dan cinta bagi proses pendidikan diri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian sejarah dengan tahapan heuristic kritik dan interpretasi. Manusia merupakan makhluk yang mempunyai "identitas", yakni identitas sebagai "keakuan" dan identitas sebagai "kedirian". Oleh karena itu, ketika manusia dididik hanya aspek "keakuan"-nya saja, maka nilai-nilai subyektivitas [baca: ego] yang akan berkembang, tetapi ketika dididik pada aspek "kedirian"-nya, maka "substansi kepribadian"-lah yang tumbuh subur. Muhammad Iqbal memandang kepribadian mampu mengarahkan diri pada kehendak dan intelek kreatif. Dengan intelek kreatifnya manusia mampu menginternalisasikan dan membuat pengalaman-pengalaman organismenya penuh arti ditengah-tengah makhluk lainnya. Pada konteks inilah penulis tertarik meneliti tentang "Pendidikan Diri dalam Perspektif Tasawuf Muhammad Iqbal". Iqbal, selain dikenal sebagai sufi, filosof, penyair, negarawan, politikus, ahli hukum, is juga merupakan seorang ahli pendidikan. Iqbal mengangap bahwa pendidikan modern telah melalaikan mental, moral dan perkembangan spiritual bagi generasi-generasi muda. Begitu pentingnya kesatuan intelek dan cinta bagi Iqbal untuk mewujudkan dunia baru yang lebih baik. Namun demikian, bukan berarti solusi untuk permasalahan pendidikan telah selesai. Iqbal memiliki pandangan yang luas mengenai pendidikan ini. Memang, gagasan mengenai intelek dan cinta merupakan hal penting untuk pembenahan pendidikan. Namun Iqbal juga memiliki gagasan lain yang revolusioner yang terkait erat dengan permasalahan tersebutReferences
A. Syafii Maarif, dkk.
Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.
`Ali Khamene'I, dkk.
Iqbal Manifestation of The Islamic Spirit, terjemahan Andi Haryadi, Iqbal
dalam Pandangan Para Pemikir Syi'ah, Jakarta: Islamic Center Jakarta.
Abdul Hadi W.M.
Sastra Sufi: Sebuah Antologi, Jakarta: Pustaka Firdaus. Abul Hasan Ali Al
Husni An-Nadwi
Muhammad Iqbal, t.t.,
The Glory of Iqbal, terjemahan Suyibno Hz. M., Percikan Kegeniusan
Penerbit Integrita Press.
Asif Iqbal Khan
Some Aspects of Iqbal Thought, terjemahan Farida Arini, Agama, Filsafat,
Seni dalam Pemikiran Iqbal, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru. Danah Zohar dan Ian
Marshall
, SQ: Spiritual Intellegence-The Ultimate Intelligence, terjemahan Rahrnani
Astuti, dkk., SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir Integralistik dan
Holistik untuk Memaknai Hidup, Bandung: Mizan
Abdul Wahhab `Azzam
Iqbal Siratuh Falsafatuh wa Syi'ruh, terjemahan Ahmad Rofi' Usman, Filsafat dan
Puisi Iqbal, Bandung: Penerbit Pustaka.
Muhammad Iqbal
The Reconstruction of Religious Thought in Islam, terjemahan Ali Audah, dkk.,
Membangun Kembali Pikiran Agama Dalam Islam, Jakarta: Tintamas Indonesia.
Muhammad Iqbal
The Reconstruction of Religious Thought in Islam, terjemahan Ali Audah, dkk.,
Rekonstruksi Pemikiran Agama Dalam Islam, Yogyakarta: Jalasutra
Downloads
Published
Issue
Section
License
PROPOSED CREATIVE COMMONS COPYRIGHT NOTICES
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).