STRATEGI INTERNALISASI NILAI SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Syihabuddin Syihabuddin

Abstract


Kualitas pendidikan di antaranya ditentukan oleh faktor instrinsik berupa kehendak yang kuat untuk mengembangkan daya anak. Kehendak itu muncul karena adanya nilai dalam dirinya yang mendorong dan memberi semangat untuk berpikir dan berperilaku. Nilai itu diperoleh dari lingkungan dan pengalaman melalui kegiatan bernalar. Alur pikir ini menunjukkan bahwa kedudukan nilai sangat penting bagi terjadinya kegiatan pemberdayaan potensi pada diri anak. Walaupun penting, upaya ilmiah dan sistematis dalam menanamkan nilai spiritual pada anak masih minim. Karena itu, sangatlah beralasan untuk meneliti jenis nilai yang perlu ditanamkan kepada anak, cara menanamkannya, dan orang yang tepat untuk menanamkannya. Dari telaah tersebut dapat dirumuskan jenis nilai yang perlu diinternalisasikan, cara internalisasi nilai yang bersifat hipotetik, dan orang yang menanamkannya. Tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari para guru dan siswa melalui angket. Selanjutnya data dianalisis dengan melihat kecenderungan pandangan responden pada konsep tertentu berkenaan dengan jenis nilai, cara internalisasi nilai, dan hambatan pelaksanaannya. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa nilai kejujuran, persaudaraan, kesabaran, dan kepedulian perlu ditanamkan melalui keteladanan, penjelasan, perenungan, peniruan, dan interaksi yang intensif. Kendala yang dihadapi ialah minimnya kendali dalam mengakses informasi, perbedaan standar nilai, mimnimnya keteladanan, dan perbedaan pola asuh.


Kata Kunci: Model internalisasi nilai, nilai spiritual, kualitas pendidikan

 


Full Text:

PDF

References


Afshari, L., & Gibson, P. (2015). Development of organizational commitment and value internalization. World Journal of Management, 6(2), 187 – 198.

Crick, R. D. & Jelfs, H. (2011). Spirituality, learning and personalisation: exploring the relationship between spiritual development and learning to learn in a faith-based secondary school. International Journal of Children’s Spirituality. 16(3), 197–217.

Grace, F. (2011). Learning as a path, not a goal: contemplative pedagogy – its principles and practices. Teaching Theology and Religion, 14 ( 2), 99-124.

Harto. K. (2015). Developing character internalization model in islamic education through value clarification technique. MADANIA, 19(2), 137-148.

Heigham, J. & Croker, R.A. (2009). Qualitative research in applied linguistics: a practical introduction. London, United Kingdom: Palgrave Macmillan.

Kernochan, R.A., Mccormick, D.W., & White, J.A. (2007). Spirituality and management teacher reflections of three Buddhists on compassion, Mindfulness, and selflessness in the classroom. Journal of Management Inquiry, 16 (1), 61-75.

Martinez, I. and Garcia, J.F. (2008). Internalization of values and self-esteem among Brazilian teenagers from authoritative, indulgent, authoritarian, and neglectful homes. Adolescence, 43(1), 13-29.

Moss, B. R. (2011). The pedagogic challenge of spirituality: a co-creative response. Journal of Social Work, 12 (6), 595-613.

Ekwutosi, O. C. & Moses, O. S. (2013). internalization of organizational culture: a theoretical perspective. International Journal of Business Tourism and Applied Sciences, 1(2), 77-96

Pikiran Rakyat. Bandung: PT Pikiran Rakyat Bandung.

Republika. Jakarta: PT Abdi Bangsa.

Romer, D. (1979). Internalization versus identification in the laboratory: A causal analysis Of attitude change. Journal of Personality and Social Psychology, 37(12), 2171-2180

Shimabukuro, G. (2008). Toward a pedagogy grounded in Christian Spirituality. Catholic Education. A Journal of Inquiry and Practice, 11(4), 505-521.

Syihabuddin. (2013). M-3 instructional model: munazharah, mudzakarah, and muhasabah. International Journal of Education, 7(1), 59-70.

Syihabuddin. (2015). Islamic education: its concepts and their implementation in the current context. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, (2)1, 24-34.

Syihabuddin. (2016). prophetic approach: initiating an alternative pedagogic theory. Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, 2(1), 137-150.

Wiersma, M. L. (2004). Furthering maanagement and spirituality educatio through the use of paradox. Journal of Management Education, 28(1), 119-133.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v16i2.6565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

View My Stat

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats