KONSEP PESAN PRA-NUBUWWAH YANG TERKANDUNG DALAM WAHYU PERTAMA KALI TURUN SURAH AL’ALAQ 1-5

Ihsan Humaedi

Abstract


Artikel ini membahas konsep pesan nubuwah Muhammad shallahu’alaihi wasallam yang dilihat dari lima ayat yang pertama kali turun dalam surat al-alaq. Dengan menggunakan survei pustaka artikel ini menemukan bahwa paling tidak terdapat tiga konsep yang terkandung dalam lima ayat yang pertama kali turun tersebut, yaitu: penciptaan, rububiyah dan ta’lim, ketiga konsep ini dapat dimaknai sebagai persiapan individu nabi untuk menghadapi tugas berikutnya sebagai rasul yang dipandang lebih berat jika dibandingkan hanya sebagai nabi. Dengan ketiga konsep kesadaran tersebut digunakan dan dikembangkan oleh para pengikutnya dalam menghadapi kontinuitas masalah yang dihadapi sehari-hari agar tetap berada dalam koridor ajaran muhammad saw, untuk pengembangan kualitas sumber daya manusia.


Keywords


konsep; pesan; pra-nubuwwah; tarbiyyah;

Full Text:

PDF

References


Al-Atsir, M. bin M. A. I. (1979). An-Nihayah fi Gharib Al-Hadits wa Al-Atsar. Beirut: Maktabah Ilmiyah.

Al-Bukhari, M. I. (2014). Shahih Al-Bukhari (2 ed.). Beirut - Lebanon: Muassasah Ar-Risalah.

Al-Farabi, I. H. A.-J. (1987). As-Shihah Taaju Al-Lughah wa Shihahu Al-Arabiyah. Beirut: Daar Ilmi Lilmalayiin.

Al-Fauzan, S. F. (1435). Maa Tayassara wa Tahasshala min Durusu Al-Quran fi Hizbi Al-Mufashol. KSA: Daar Al-Hijaz.

Al-Marogi, M. (1365). Tafsir Al-Maroghi. Kairo: Daar Fikr.

Al-Qurthubi, M. A. (2012). Al-Jaami’ Li-Ahkaam Al-Quran. Lebanon: Daar Ar-Risalah Al-’Alamiyah.

Aslamiyah, S. S. (2014). Pandangan Islam Tentang Proses Kejadian Manusia dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. AKADEMIKA, 8(1).

As-Sijistani, A. D. (2013). Sunan Abu Dawud. KSA: Daar Ash-Shidiq.

Firdaus. (2015). Konsep Ar-Rububiyah (Ketuhanan) dalam Al-Quran. Jurnal Diskursus Islam, 3(1).

Ibrahim, M. I. (1968). Mu’jam Al-Alfazh wa Al-A’lam Al-Quraniyah. Kairo: Daar Fikr.

Katsir, I. (1431). Tafsir Al-Quran Al-’Azhim. KSA: Daar Ibn Al-Jauzi.

Lahmi, A. (2016). Islam dan Pendidikan yang Mencerahkan (Telaah Surat al-’Alaq dan Sejarah Pra Nubuwwah. STUDIA DIDAKTIKA; Jurnal Ilmiyah Pendidikan, 10(1).

Langgulung, H. (1995). Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Mun’im, M. A. A. (t.th). Mu’jam Al-Mustholahat wa Al-Alfaazh Al-Fiqhiyyah. Kairo: Daar Al-Fadhilah.

Nata, A. (2010). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (4 ed.). Jakarta: PT RajGrafindo Persada.

Ridwanullah. (2014). Urgensi Belajar Menurut Al-Quran (Kajian Tafsir Al-Alaq 1-5). Jakarta.

Said, C. (2016). Paradigma Pendidikan Perspektif Surah Al-Alaq Ayat 1-5. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 13(1).

Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 14(2).

Sugianto, B. (t.th). Perkembangan Embrio Perspektif Quran dan Sains. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains.

Syafi AS, A. (2017). Kajian Tentang Belajar dalam Al-Quran surat Al-’Alaq1-5. Sumbula, 2(2).

Tafsir, A. (2003). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ummah, S. R. (2017). Relevansi Perintah Iqra’ Pada Wahyu Pertama Bagi Masyarakat Modern. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 12(1).

Wahidah, F. (2009). AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ALQURAN. Shautut Tarbiyah, 15(1), 11–28. https://doi.org/10.31332/str.v15i1.97




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v17i1.6678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

View My Stat

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats