Islam and Religious Pluralism in Indonesia


Dody S. Truna(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Beraneka ragamnya pengalaman keagamaan manusia telah melahirkan berbagai pola berpikir terhadap agama dan cara manusia mengekspresikan pengalaman keagamaannya tersebut. Karena pengalaman yang berbeda, maka pemikiran keagamaannya bisa berbeda, dan karena pemikiran keagamaannya berbeda-beda, maka prilaku beragamanya pun bisa bermacam-macam. Inilah sebabnya mengapa di dunia ini terdapat begitu banyak agama dan kepercayaan, termasuk juga di Indonesia. Tulisan ini akan mengkaji bagaimana agama Islam melihat fenomena pluralitas di Indonesia dan berbagai dampaknya. Dengan demikian, akan ditemukan titik temu Islam sebagai agama yang menghormati perbedaan demi nafas persatuan dan keutuhan bangsa.

Keywords


Islam plural; perdamaian; pluralitas

Full Text:

PDF

References


Arifin, S., & Tobroni. (1994). Islam Pluralisme Budaya dan Politik. Sipress.

Cunningham, L. (1991). The sacred quest: An invitation to the study of religion. Macmillan.

Truna, D. S. (2021). The Illustrations of Indigenization of Islam in Indonesian Cultural Landscape. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(3), 337–346.

Truna, D. S., & Zakaria, T. (2021). Prasangka Agama dan Etnik Sebagai Problem bagi Penciptaan Harmoni Sosial di Jawa Barat. TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial, 4(2), 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.18510/jt.2021.xxx

Wibisono, M. Y., Truna, D. S., & Rahman, M. T. (2021). Turning religion from cause to reducer of panic during the COVID-19 pandemic. HTS Theological Studies, 77(4), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v2i2.17931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung