Tanda Waqaf dalam Q.S Al-Munafiqun pada Mushaf Al-Qur’an Rasm Utsmani Ditinjau dari Semiotika Charles Sanders Peirce


Asep Amar Permana(1*)

(1) PTIK Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui jenis-jenis tanda waqaf yang ada dalam surat al-Munafiqun beserta interpretan dari masing-masing tanda waqafnya pada mushaf al-Qur’an rasm Utsmani dengan kajian Semiotika Charles Sanders Peirce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini, ditemukan pokok bahasan bahwasannya. Teori semiotika yang digagas oleh Charles Sanders Peirce ini terdapat konsep trikotomi yang terdiri dari Representamen, Objek, dan Interpretan. bahwa tanda waqaf dalam surat al-Munafiqun ada enam jenis waqaf, diantaranya ada waqaf lazim, waqaf waful aula, waqaf jaiz, waqaf waslul aula, waqaf adamul waqfi, dan tanda ruku’. semua tanda waqaf  menjadi (R (1)) yang objeknya (O (1)) adalah nama dari jenis waqafnya dan interpretannya (I (1)) bahwa semua tanda waqaf itu dilihat secara umum merupakan huruf hijaiyah. Akan tetapi ketika tanda waqaf itu  menjadi (R (2)) maka interpretannya bila dilihat dari segi ilmu tajwid maka itu sebagai tanda waqaf yang berarti ketika membaca ayat al-qur’an ditemukan jenis-jenis waqaf memberi makna dan petunjuk dalam pembacaan ayatnya apakah berhenti atau diwashalkan sesuai dengan jenis waqafnya (I (2).


Keywords


wahyu Tuhan; tanda henti bacaan; ilmu tanda; pesan al-Qur’an; panjang bacaan

Full Text:

PDF

References


Ahmad E.Q., N., & Sartika, E. (2020). Tafsir Feminisme terhadap Makiyyah dan Madaniyyah (M. T. Rahman & E. Zulaiha (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Albar, M. W. (2018). Analisis Semiotik Charles Sander Pierce Tentang Taktik Kehidupan Manusia: Dua Karya Kontemporer Putu Sutawijaya. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(2).

Ambriai, & Umaya, N. M. (2018). Semiotika dan Aplikasi pada Karya Sastra. IKIP PGRI Semarang Press.

Berger, A. A. (2010). Semiotika: Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Tiara Wacana.

Budiman, K. (2005). Ikonisitas: semiotika sastra dan seni visual. BukuBaik.

Hanafi, W. (2017). Semiotika Al-Qur’an: Representasi Makna Verba Reflektif Perilaku Manusia Dalam Surat Al-Mā’ūn Dan Bias Sosial Keagamaan. Dialogia: Islamic Studies and Social Journal, 15(1), 1–22.

Imran, A. (2011). Semiotika al-Qur’an: Metode dan Aplikasi terhadap Kisah Yusuf. Teras.

Lantowa, J., Marahayu, N. M., & Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Budi Utama.

Mursida, S. (2021). KONSEP JIHAD DALAM AL-QUR’AN PRESPEKTIF SEMIOTIKA PEIRCE. Journal Al Irfani: Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir, 2(01), 50–61.

Putra, A. (2018). Metodologi Tafsir. Jurnal Ulunnuha, 7(1), 41–66.

Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Wacana Media.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57–65.

Syasi, M., & Ruhimat, I. (2020). Ashil dan Dakhil dalam Tafsir Bi al-Ma’tsur karya Imam al- Suyuthi (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Taufiq, W. (2016). Semiotika untuk Kajian Sastra dan al-Qur’an. In Bandung: Yrama Widya.

Yayan, R., & Dadan, R. (2013). Metodologi Tafsir Al-Quran. Pustaka Setia.

Yunus, B. M., & Jamil, S. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Mutasyabihat dalam Kitab Shafwah al-Tafasir (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v2i4.18973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung