Pengalaman Keberagamaan Mahasiswa Muslim di Era Pandemi


Restu Prana Ilahi(1*), Dadang Kuswana(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman keagamaan mahasiswa pada masa pembatasan sosial di kampus. Oleh sebab itu, penelitian ini berfokus pada mahasiswa program magister, yakni Studi Agama-Agama (SAA) di Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini memperoleh temuan bahwa pengalaman keagamaan mahasiswa dapat mendorong dirinya untuk beradaptasi dengan perubahan sehingga terbiasa dengan kebaruan yang ada, diantaranya yaitu tetap konsisten melaksanakan ibadah dan praktik sosial keagamaan lainnya di masa pandemi dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian kondisi. Penyesuaian ini pada akhirnya mampu menciptakan suasana pandemi yang lebih bersahabat dengan masyarakat.


Keywords


perubahan sosial; adaptasi mahasiswa; pandemi covid-19; kehidupan mahasiswa; pembatasan sosial

Full Text:

PDF

References


Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43–48.

Andayani, T., Febryani, A., & Andriansyah, D. (2020). Pengantar Sosiologi. Yayasan Kita Menulis.

Andesta, N. (2017). Pengalaman Keagamaan Anak Berkebutuhan Khusus (Studi di SLB A Bina Insani Kelurahan Gedung Meneng Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Anisa, R. D., Rusdinal, R., & Firman, F. (2021). Dampak COVID-19 terhadap Aktivitas Sosial Masyarakat Di Kota Lubuklinggau. Syntax Idea, 3(3), 611–619.

Apriliyawati, N., & Aida, M. (2021). Tanggung Jawab Negara Asal Wabah terhadap Pandemi Menurut Hukum Internasional (Studi Kasus Pandemi Covid-19). Logika: Jurnal Penelitian Universitas Kuningan, 12(01), 9–20.

Arianti, V., & Taufiqurrohman, M. (2020). Security Implications of COVID-19 for Indonesia. Counter Terrorist Trends and Analyses, 12(3), 13–17.

Chakraborty, I., & Maity, P. (2020). COVID-19 outbreak: Migration, effects on society, global environment and prevention. Science of the Total Environment, 728, 138882.

Darmawan, D., Miharja, D., Waluyajati, R. S. R., & Isnaeniah, E. (2020). Sikap Keberagamaan Masyarakat Menghadapi Wabah COVID-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 4 (2), 115–124.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375.

Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20.

Harmadi, M., & Budiatman, A. D. (2021). Pergeseran Perspektif Teologi Penggembalaan Dengan Layanan Virtual Pada Masa Pandemi Sekarang dan Nanti. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 137–149.

Hasanudin, U. (2022). Wawancara Mahasiswa Pasca UIN Jurusan SAA, tanggal 11 Maret.

Her, M. (2020). How is COVID-19 affecting South Korea? What is our current strategy? Disaster Medicine and Public Health Preparedness, 14(5), 684–686.

Imron, H. M. (2022). Wawancara Mahasiswa Pasca UIN Jurusan SAA, tanggal 31 Mei.

Jaja, I. F., Anyanwu, M. U., & Iwu Jaja, C.-J. (2020). Social distancing: how religion, culture and burial ceremony undermine the effort to curb COVID-19 in South Africa. Emerging Microbes & Infections, 9(1), 1077–1079.

Mandasari, L., Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas perkuliahan daring pada mata kuliah analisis kompleks selama pandemi Covid 19. Jurnal As-Salam, 4(2), 269–283.

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis situasi pembelajaran selama pandemi covid-19 di sdn senurus: kemungkinan terjadinya learning loss. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 328–336.

Mubin, M. N. (2021). Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 16–31.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Laksbang Pressindo.

Narulita, S., Aulia, R., Amaliyah, A., & Hadiyanto, A. (2022). Strengthening Religious Literacy During the Pandemic. eprints.eudl.eu. http://eprints.eudl.eu/id/eprint/10311/

Nashori, F., & Nurjannah, N. (2015). Prasangka sosial terhadap umat kristiani pada muslim minoritas yang tinggal di Indonesia Timur. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 383–400.

Novianty, A., & Evans, G. (2021). Memahami Makna Religiusitas/Spiritualitas Pada Individu Dewasa Muda Melalui Photovoice. Jurnal Psikologi Integratif, 8(2), 61–79.

Oktaviani, C. (2015). Peran budaya sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Manajer Pendidikan, 9(4).

Ong, K., & Azman, N. A. (2020). Distinguishing Between the Extreme Farright and Islamic State’s (IS) Calls to Exploit COVID-19. Counter Terrorist Trends and Analyses, 12(3), 18–21.

Poerwadarminta, W. J. S. (1952). Kamus umum bahasa Indonesia. Balai pustaka.

Pratama, P. M. (2022). Wawancara Mahasiswa Pasca UIN Jurusan SAA, tanggal 13 Maret.

Priyanto, A. (2021). Urgensi Spiritual Di Masa Pandemi Sebagai Upaya Membentuk Perilaku Moderasi Beragama Di IAIN Pekalongan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(1), 79–92.

Rahman, M. T. (2021). Sosiologi Islam. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ramadani, M. I. F., Setyawan, S., & Kom, M. I. (2018). Penarikan Diri dalam Game Online (Studi Deskriptif Kualitatif Withdrawal Gamer Mobile Legends Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS 2014). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramdhani, I. (2022). Wawancara Mahasiswa Pasca UIN Jurusan SAA, tanggal 15 Maret.

Resita, A. (2022). Wawancara Mahasiswa Pasca UIN Jurusan SAA, tanggal 5 Maret.

Rohmah, S. (2022). Wawancara Mahasiswa Pasca UIN Jurusan SAA, tanggal 19 Maret.

Soekanto, S. (1990). Pengantar Sosiologi. Rajawali Pers.

Soerjono, S., & Sulistyowati, B. (2013). Sosiologi sebagai suatu pengantar. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta, 210.

Subagja, Y. H. (2022). Wawancara Mahasiswa Pasca UIN Jurusan SAA, tanggal 3 Juni.

Wahyuni, U. M., Rahmadoni, J., & ... (2021). Literasi Visual Media Edukasi Poster Terkait Covid-19 Pada Siswa Sma Di Kota Padang. Jurnal Hilirisasi …. http://hilirisasi.lppm.unand.ac.id/index.php/hilirisasi/article/view/494

Wenham, C., Smith, J., & Morgan, R. (2020). COVID-19: the gendered impacts of the outbreak. The Lancet, 395(10227), 846–848.

Wiguna, T., Anindyajati, G., Kaligis, F., Ismail, R. I., Minayati, K., Hanafi, E., Murtani, B. J., Wigantara, N. A., Putra, A. A., & Pradana, K. (2020). Brief research report on adolescent mental well-being and school closures during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Frontiers in Psychiatry, 11, 598756.

Zulhendra, Z., & Aripudin, A. (2021). Peranan Zakat Sebagai Strategi Dakwah dalam Pemberdayaan Ekonomi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(4), 515–522.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v2i4.19575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung