Kisah Orang-Orang Saleh dalam Al-Qur’an: Studi Komparatif Pemikiran Tafsir Sayyid Quthb dan Al-Sya'rawi
DOI:
https://doi.org/10.15575/jis.v3i3.29256Kata Kunci:
Al-Qur’an, Tafsir, Orang Bertaqwa, Qashash Al-Qur’anAbstrak
Artikel ini membahas tentang kajian perbandingan kisah orang-orang shaleh dalam Al-Qur'an dalam perspektif Sayyid Quthub dan Al-Syahrawi. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan komparatif (muqaran). Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah tafsir fi Zhilal Al-Qur'an karya Sayyid Qutb dan penampilan Khawatiri Hawla Al-Qur'an Al-Karim karya Al-Sya'rawi. artikel Hasil penelitian menunjukkan bahwa kisah Zulkarnain menampilkan kepemimpinan yang saleh dalam membangun dan membina negara atau bangsanya, Luqman Al-Hakim menunjukkan nilai-nilai mendidik orang tua kepada anaknya, Ali Imran menunjukkan nilai-nilai dalam membangun dan membina keluarga yang saleh, dan kisah Maryam menunjukkan nilai wanita ideal dalam ketaatan kepada Allah.Referensi
Al-Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: Pustaka Progressif.
Al-Qaá¹há¹han, M. K. (1973). Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an. Beirut: Manshurut al-Asr al-Ḥadith.
Al-Qattan, M. (1973). Mabahith fi ‘Ulum al-Qur’an. Jakarta: Dinamika Barakah Utama.
al-Sya’rawi, M. M. (1991). Khawatiri Haula al-Qur’an al-Karim. Juz.
Anwar, H. (2016). Wawasan Al-Qur’an Tentang Kisah Dzulqarnain (Antara Realitas Dan Mitos). Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 16(2).
Benny, I. (2015). Urgensi Mempelajari Sejarah dalam Perspektif Al-Qur’an. Pascasarjana.
Daud, M. R. H., Muthalib, S. A., & Djuned, M. (2017). Konsep Ikhlas dalam Al-Qur ‘An. TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, 2(2), 180–197.
Dictionary, I. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fadli, M. A. (2021). Penafsiran Sayyid Quthb dan Wahbah al-Zuhaili tentang ayat-ayat sikap kritis terhadap penguasa: Telaah terhadap Tafsir fi Zhilal al-Quran dan al-Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj. UIN Sunan Gunung Djati.
Hanif, S., & Irsyad, M. (2022). Interpretasi Kisah Luqman dalam Al-Qur’an pada Realitas Agama dan Sosial (Pendekatan Sastra Kebahasaan). Hikmah, 19(1), 38–49.
Hatta, J. (2009). Urgensi Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an Al-Karim Bagi Proses Pembelajaran PAI Pada MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1).
Hermawan, A. (2011). Ulumul Qur’an Ilmu untuk memahami wahyu. In Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kasmiati, K. (2018). Konsep Pendidikan Anak dalam Surat Luqman. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(2), 355–384.
Katsir, I. (1999). Tafsîr al-Qur’ân al-‘Azhîm. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah.
Loeis, W. (2015). Dimensi Pendidikan dalam Kisah-Kisah Al-Qur’an. Turats, 11(2), 30–39.
Muharom, A. (2015). Ilmu Tafsir (Edisi Revisi)/Rosihon Anwar.
Mushlih, A. (2018). Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Anak Melalui Kisah Nabi Nuh as. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 3, 153–164.
Mustaqim, A. (2017). Metode penelitian Al-Qur’an dan tafsir. idea press.
Quthb, S. (2000). Tafsir fī Zilal al-Quran (A. Yasin (ed.)). Gema Insani Press.
Rahmah, M. (2019). Mendidik Anak Shaleh: Telaah Kisah Nabi Ibrahim AS Dan Ismail AS. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 7(1), 45–64.
Sakdiah, S. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam (Kajian Historis Filosofis) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(1).
Sanaky, H. A. H. (2008). Metode Tafsir [Perkembangan Metode Tafsir Mengikuti Warna atau Corak Mufassirin]. Al-Mawarid Journal of Islamic Law, 18, 279.
Sukrillah, S. (2014). Tafsir Pendidikan Tauhid Keluarga dalam Qs. al-Baqarah 132-133. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 277–300.
Yogaswara, A., & Jalid, M. A. (2012). Aliran Sesat dan Nabi–nabi Palsu. MediaPressindo.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).