PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KONFLIK PERAN GANDA IBU BEKERJA SAAT PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN IV KOTO AUR MALINTANG


Yolla Ardila Putri(1*), Hasneli Hasneli(2), Rena Kinnara Arlotas(3)

(1) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


pekerja tetapi juga sebagai ibu rumah tangga yaitu istri bagi suami dan guru bagi anak-anaknya, kedua peran ini sering kali menimbulkan konflik peran ganda, ketika tuntutan dari berbagai peran tersebut muncul secara bersamaan dan saling bertentangan maka akan mengakibatkan terganggunya kecerdasan emosi individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap konflik peran ganda ibu bekerja di Kecamatan IV Koto Aur Malintang saat pandemi Covid-19.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional dan skala konflik peran ganda. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji analisis regresi linier sederhana.

Berdasarkan kategori data, tingkat kecerdasan emosional dan konflik peran ganda pada ibu bekerja di Kecamatan IV Koto Aur Malintang pada masa pandemi berada pada kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap konflik peran ganda ibu bekerja di kecamatan IV Koto Aur malintang saat pandemi Covid-19. Hal ini berarti bahwa apabila kecerdasan emosional ibu bekerja meningkat maka konflik peran ganda ibu bekerja akan menurun, dan sebaliknya apabila kecerdasan emosional ibu bekerja menurun maka konflik peran ganda ibu akan meningkat.

Kata Kunci : Ibu Bekerja, Kecerdasan Emosional, Konflik Peran Ganda

Full Text:

PDF

References


Referensi

Akbar, D. A. (2017). Konflik Peran Ganda Karyawan Wanita Dan Stres Kerja. An Nisa: Jurnal Kajian Gender Dan Anak. No.12 (Vol.1)

Apperson, M., Schmidt, H., Moore, S., Grunberg, L., & Greenberg, E. (2002). Women managers and the experience of work-family conflict. American Journal of Undergraduate Research, 1(3), 9-16.

Apollo dan Cahyadi, A. (2012). Konflik Peran Ganda Perempuan Menikah yang Bekerja ditinjau dari Dukungan Sosial Keluarga dan Penyesuaian Diri. Widya Warta. No. 02.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian . Yogyakarta : Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka belajar.

Bethania, M. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan konflik peran ganda pada guru wanita di surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, No.2(Vol.1), 1-7.

Buunk, B. P., & Verhoeven, K. (1991). Companionship and support at work: A microanalysis of the stress-reducing features of social interaction. Basic and Applied Social Psychology, 12(3), 243-258.

Firmansyah, I. (2010). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Triguna Utama Ciputat.

Greenhouse, J. H. & Beautell, N.J. (1995). “Sourcessof Conflict Between Work And Family Roles”, Academy Of Management Review, 10, 76-78.

Ghoffar, M. Abdul, Mu'thi, A., & Al-Atsari, Abu I. (2004). Tafsir Ibnu Katsir jilid 1. Bogor: Pustaka Imam Syafi'i

Ghoffar, M. Abdul, Mu'thi, A., & Al-Atsari, Abu I. (2004). Tafsir Ibnu Katsir jilid 8. Bogor: Pustaka Imam Syafi'i

Goleman, D.(2009). Kecerdasan Emosional. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D.(2015). Kecerdasan Emosional. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Hennessy, K.D. (2005). Work Family Conflict Self-Efficacy: A Scale Validation Study. Faculty of The Graduate School of The University of Maryland, College Park in Partial fulfillment ofrequirements for the degree of Master of Art.

Hapsari, I. (2020). Konflik Peran Ganda dan Kesejahteraan Psikologis Pekerja Yang Menjalani Work From Home Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi No.13(Vol.1), 37-45

Isna, rahmah. S. (2017). Konsepsi Alquran Tentang Perempuan Pekerja Dalam Mensejahterakan Keluarga. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Islam Tentang Gender Dan Anak No.12 (Vol.2).

Kemendikbud.go.id (dilansir pada hari Senin 15 Februari 2021 pukul 19.23 WIB).

Korabik, K., Lero, D. S., & Whitehead, D. L. (2008). Handbook Of Work-Family Integration : Research, Theory, And Best Practices. London: Academic Press.

Lenaghan, J. A., Buda, R., & Eisner, A.B. (2007). An Examination Of The Role Of Emotional Intelegence In Work And Family Conflict. Journal of Managerial issues, NO. 19 (Vol.1).

Lawrence E. (2003). Mengajar emotional intelligence. Jakarta. PT Gramedia pustaka utama.

Lestari, D., & Prahiawan, W. (2018). Pengaruh Work Family Conflict, Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, No. 2(Vol. 2), 165-183.

Marretih, A. K. (2013). Work-Family Conflict Pada Ibu Bekerja. Sosial Budaya, 10(1), 27-37.

Meidah, E. (2013). Pengaruh Konflik Peran Ganda, Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Perawat Wanita (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Ko.

Muhammad, A. H dan Nuri heracwati. (2014). Pengaruh work family conflict terhadap kinerja perawat wanita dengan variabel intervening komitmen organisasional di RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Jurnal Managemen Teori dan Terapan No. 7(Vol. 3), 143-159

Mubassyir, A. H., & Herachwati, N. (2014). Pengaruh Work-family conflict Terhadap Kinerja Perawat Wanita Dengan Variabel Intervening Komitmen Organisasional di RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 7(3).

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta : Prenada Media Group.

Nugraha, P., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara dukungan sosial suami dengan konflik peran ganda pada perawat wanita. Empati, 7(2), 794-801.

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62.

Pgdikmen.kemendikbud.go.id (dilansir pada hari kamis 15 April 2021 pukul 14.23 WIB)

Priyatno. D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi offset

Risqon halal syah aji. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. Vol. 7 No. 5, 395-402

Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Al-Qur’an. Statement, No. 10( Vol. 1), 17-30.

Shofa, F., & Kristiana, I. F. (2015). Kecerdasan Emosi dan Konflik Peran Ganda Pada Dosen Wanita di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 4(4), 150-155.

Simamora, W.S Devi, R & Rita, K. (2018).The correlation between emotional intelligence and the conflict of dual role in early childhood education woman teacher in Tampan district. JOM FKIP.No. 5(Vol. 2).

Susanto. (2009). Analisis Pengaruh Konflik Kerja Keluarga Terhadap Kepuasan Kerja Pengusaha Wanita Di Kota Semarang. Jurnal Aset. No. 12(Vol.1), Hal 75-85.

Shintia Nurrohmi Y., Nailul Fauziah.(2018). Relationship Between Emotional Intelligence With Work Family Conflict With Mothers Working At Pt Rajawali Nusindo and Pt. Phapros Tbk Jakarta. No.7(Vol. 1), Hal 34-43.

Taufariska, D. (2015). Pengaruh Konflik Peran Ganda, Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawati Pada PT. Bank “X” Cabang Jember.

Uno, Hamzah .B. (2016). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Wijono, S. (2010). Psikologi Industri & Organisasi: Dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Widhiarso, W. (2010). Pengembangan Skala Psikologi: Lima Kategori Respon ataukah Empat Kategori Respon. Fakultas Psikologi UGM. Yogyakarta, 1-5.

Wirakristama, R. C., & Suharnomo, S. (2011). Analisis pengaruh konflik peran ganda (work family conflict) terhadap kinerja karyawan wanita pada PT Nyonya Meneer Semarang dengan stres kerja sebagai variabel intervening (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Yusuf, A Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.

Yunita, S., & Fauziah, N. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Konflik Peran Ganda pada Ibu yang Bekerja di PT. Rajawali Nusindo dan PT. Phapros Tbk Jakarta (Doctoral dissertation, und




DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v1i2.16856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.