Pengembangan Alat Ukur Skala Feeling Of Missing Out Pada Mahasiswa


Bella Dwi Lestari(1*), Mohammad Jamil Jiddan Rasyid(2), Allyka Alderajat Mudayanah(3), Devita Septiani Putri(4), Delia Putri Aisyah(5), Eka Fitriyani(6)

(1) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(2) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(3) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(4) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(5) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(6) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Feeling of Missing Out adalah perasaan takut tertinggal karena tidak mengetahui aktivitas tertentu. Kemajuan internet menjadikan informasi tersebar dimana-mana, sehingga mudah bagi individu untuk mengetahui aktivitas orang lain misalnya melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat ukur yang valid dan reliabel untuk mengetahui tingkat feeling of missing out (FOMO) pada mahasiswa. Ada banyak penelitian yang bertujuan untuk menentukan tingkat FOMO pada mahasiswa. Namun, skala baru diperlukan karena skala yang digunakan pada penelitian ini adalah versi adaptasi. Ada 20 item yang yang diberikan kepada 216 mahasiswa aktif yang berkuliah di Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan literatur bacaan. Sampel pada penelitian yang didapat menggunakan metode non probably sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini diperoleh 15 item yang menjadi item final dengan model penskalaan Likert, dilengkapi dengan analisis SPSS dan juga Structural Equation Model (SEM) dengan SmartPLS 4. Skala feeling of missing out menunjukkan nilai validitas dan reliabilitas yang cukup baik yaitu  0,309 dan 0,854. Sehingga didapatkan pengembangan alat ukur yang cukup valid dan reliabel dalam mengukur feeling of missing out pada mahasiswa.


Keywords


mahasiswa, pengembangan alat ukur, feeling of missing out

Full Text:

PDF

References


Mazlum, M., & Atalay, A. (2022). Developing the fear of missing out (FoMO) scale for university students: The validity and reliability study. Journal of Pedagogical Research, 6(4). https://doi.org/10.33902/JPR.202215485

Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in human behavior, 29(4), 1841-1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Suga, T. A. (2020). Hubungan Antara Fear Of Missing Out (Fomo) Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA). https://repository.unair.ac.id/107919/

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36-44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Zhang, Z., Jiménez, F. R., & Cicala, J. E. (2020). Fear of missing out scale: A self‐concept perspective. Psychology & Marketing, 37(11), 1619-1634. https://doi.org/10.1002/mar.21406

Widjaja, D. (2022). Hubungan Antara Fear Of Missing Out (FOMO) Dengan Kecanduan Media Sosial (Doctoral dissertation). https://repository.uksw.edu//handle/123456789/28380

Santoso, I., Widyasari, S., & Soliha, E. (2021). FOMSUMERISM : Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption Dengan Memanfaatkan Fear Of Missing Out Konsumen. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 159-171. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i2.230




DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v2i1.25036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.