Fenomena Superiority Complex dan Narcissistic Terhadap Perilaku Individu di Sosial Media Dalam Perspektif Hadis


Syfa Aurela Nurazizah(1*), Ujang Rohman(2), Shalahudin Ismail(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan fenomena superiority complex dan narcissistic yang marak terjadi di media sosial dengan mempertimbangkan perspektif hadis dalam Islam.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, yaitu metodologis yang penelitian yang memusatkan perhatiannya pada data tertulis, seperti buku, jurnal, majalah, dan sumber-sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa superiority complex merupakan gangguan psikologis, yaitu ketika individu merasa lebih baik dalam setiap aspek kehidupannya dibandingkan orang lain dan narcissistic merupakan gangguan kepribadian yang ditandai dengan perasaan haus akan pengakuan diri. Superiority complex dan narcissistic saling berkesinambungan satu sama lain dan media sosial adalah wadah bagi mereka yang memiliki gangguan tersebut untuk menujukan superioritas mereka dan menutupi sisi inferioritas yang ada.


Keywords


superiority complex, narsistik, media sosial, hadis

Full Text:

PDF

References


Alaydrus. (2020). A Study of Superiority Complex in Chris Gardner’s The Pursuit of Happyness. In LENTERA: Journal of Gender and Children Studies , 2(1). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOFC

Aristhophanes, L. I. (2019). The Causes And Effects Of Women’s Superiority Towards Men As Seen | 17 The Causes And Effects Of Women’s Superiority Towards Men As Seen In Aristhophanes’ Lysistrata. Jurnal Kredo.

Fatimah, S. &. (2022). Fenomena Narsisme Muslimah Dalam Aplikasi Tiktok (Analisis Semiotika Charles William Morris). 13(2).

Islami, M. D. (2022). Harga Diri Dengan Presentasi Diri Pada Remaja Pengguna TikTok. Journal of Psychology Students, 1(2), 67-76. doi:https://doi.org/10.15575/jops.v1i2.16718

Kusuma, A. B. (2019). Kontrol Diri dan Kecenderungan Narsistik pada Pengguna Media Sosial Instagram. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(1), 31-36. doi:https://doi.org/10.15294/intuisi.v11i1.20114

Liang, S. (2021). Kecenderungan Perilaku Narsistik Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram. In Jurnal Experentia, 9(1).

Nurkamiden, U. D. (2016). Cara Mendiagnosa Penyakit Ujub dan Takabur. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 115-126.

Pratiwi, F. H. (n.d.). Kecenderungan Narsistik dan Intensitas Menggunakan Media Sosial Whatsapp Bagi Anak Tuna Rungu di MALB BCD YPAC Kaliwates Jember. 2022.

Sabekti, R. Y. (2019). Self-Actualization and Trends of Narcissism in Adolescent Social Media User. Retrieved from http://ejournal.unair.ac.id/PNJ|7JournalHomepage:

Sakinah, U., & Fahli Zatrahadi, M. (2019). Fenomena Narsistik di Media Sosial Sebagai Bentuk Pengakuan Diri. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 41-49.

Santi, N. N. (2017). Dampak Kecenderungan Narsiscisme Terhadap Self-Esteem Pada Pengguna Facebook Mahasiswa PGSD UNP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 25-30.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

Valentina, A. L. (2022). Komunikasi Visual Untuk Edukasi Insecurity Pada Remaja Prempuan yang Diakibatkan Oleh Penggunaan Media Sosial. Jurnal Bahasa Rupa.




DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v2i2.26832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.