Peran Resiliensi Terhadap Tingkat Altruisme Korban Bullying di Pondok Pesantren di Pulau Jawa
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.33477Keywords:
Altrusime, Bullying, Pesantren, Pulau Jawa, ResiliensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh resiliensi terhadap altruisme. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Melalui teknik non-probability sampling dengan metode voluntary sampling, didapatkan 100 responden yang merupakan alumni pondok pesantren di Pulau Jawa dan pernah mengalami pembullyan semasa menjadi santri. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah 20 item skala Altruisme yang dikembangkan oleh Khumairah (2021), serta 26 item skala resiliensi dikembangkan oleh Sabrina (2022). Dengan melakukan uji statistik inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi dengan altruisme memiliki korelasi yang erat, yakni sebesar r=0.504 (50.4%). Dari output tersebut, diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.254 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel independen (resiliensi) terhadap variabel dependen (altruisme) adalah sebesar 25.4%.
References
Chotimah, Khusnul, S., (2018). Pengaruh Tipe Kepribadian Hexaco dan Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Santri Korban Bullying di Ponpes Sunan Drajat. Skripsi. Fakultas Psikologi. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta
Fadhilah, S. S., Sitasari, N. W., & Safitri, S. (2021). Gambaran perilaku bullying santri di pondok pesantren. JCA of Psychology, 2(01).
Fitria, F. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Religiusitas dan Jenis Kelamin terhadap Altruisme pada Relawan Sosial Muda. 1–131.
Grotberg, E. H. (1997). The International Resilience Research Project.
Khotimah, M. F. (2021). Hubungan religiusitas dan altruisme pada santri pondok pesantren dimediasi oleh kebersyukuran (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Khumairah, A.R. (2021). Hubungan ikhlas dan altruisme terhadap life satisfaction relawan komunitas Sobat Eksplorasi Anak Dalam (SEAD) Jambi. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Lestari, R. (2018). Mengalami Bullying di Pesantren: Mengamankan Diri Sendiri Walaupun tiada gunanya. Journal of Holistic Nursing Science, 5(1), 49-55.
Munawaroh, E., et al. (2018). Resiliensi; Kemampuan Bertahan dalam Tekanan, dan Bangkit dari Keterpurukan. CV. Pilar Nusantara.
Nugroho, S., & Fardhana, N.A. (2018). Bullying at islamic boarding school: A pilot study in Pekanbaru. International Journal Of Pure And Applied Mathematics, 199, 2095-2100.
Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying di Pesantren: Sebuah Studi Kasus . Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1–14.
Octaryani, M., Baidun, A. (2017). Uji validitas konstruk resiliensi: JP3I 4(1).
Priyomo, M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Widya Gama Press.
Pusdatin Kemenkes RI. (2018). Data KPAI tentang kekerasan pada anak.
Rahmawati. (2017). Peran pengasuhan holistik terhadap altruisme dan bullying. Humanitas: Jurnal Psikologi Pendidikan 14(1), 10–25.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573.
Sabrina, Hanna (2022) Pengaruh pola asuh Authoritative dan Self-Efficacy terhadap resiliensi Fresh Graduate di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Shihab, M.Q. (2002). Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Yuliani, S., Widianti, & Sari, S. P. (2018). Resiliensi Remaja dalam Menghadapi Perilaku Bullying. Jurnal Keperawatan BSI.
Siregar, R. B., Hutahaean, S. E. ., & Fahrudin, A. . (2023). Ketahanan emosional pada siswa SMP korban Cyberbullying. Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan (SIKONTAN), 2(2), 215–222
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Tasulis, V. (2021). Uncovering the Relation Between Adversity and Altruism : Virginia Tasulis.
Tatyagita, R. R. S., Handayani, M.M. (2014). Resiliensi pada remaja korban bullying. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial 3(1).
Thornberg, R., & Wänström, L. (2018). Bullying and its association with altruism toward victims, blaming the victims, and classroom prevalence of bystander behaviors: a multilevel analysis. Social Psychology of Education, 21(5), 1133–1151.
Uranus, H. C., Soetikno, N., & Koesma, R. E. (2022). The Role of Resilience towards Altruism: Be Strong for Yourself before Anyone Else. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 11(2), 207.
Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50-58.
Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Perspektif Al Quran. Jurnal Islam
Nusantara, 2(1), 105.
Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam., (pp. 119-122). Yogyakarta.
Wang, Y., Ge, J., Zhang, H., Wang, H., & Xie, X. (2020). Altruistic behaviors relieve physical pain. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 117(2), 950–958.
Yani, A.L., Lestari, R. (2016). Mengalami bullying di pesantren: mengamankan diri sendiri walaupun tiada gunanya. Journal of Holistic Nursing Science 5(1): 49-55.
Yuliani, S., et al. (2018). Resiliensi Remaja Dalam Menghadapi Perilaku Bullying. Jurnal Keperawatan BSI, 6(1), 77–86.
Yuniar, N., Lasan, B. B., & Soejanto, L. T. (2019). Hubungan Antara Altruisme Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Interaksi Sosial Teman Sebaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen 3 432-435.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.



