Peran Resiliensi Terhadap Tingkat Altruisme Korban Bullying di Pondok Pesantren di Pulau Jawa


Azka Mazaya(1*), Fanny Rahma Jenny(2), Amelia Fadilla(3), Sarah Priliyanti(4)

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh resiliensi terhadap altruisme. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Melalui teknik non-probability sampling dengan metode voluntary sampling, didapatkan 100 responden yang merupakan alumni pondok pesantren di Pulau Jawa dan pernah mengalami pembullyan semasa menjadi santri. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah 20 item skala Altruisme yang dikembangkan oleh Khumairah (2021), serta 26 item skala resiliensi dikembangkan oleh Sabrina (2022). Dengan melakukan uji statistik inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi dengan altruisme memiliki korelasi yang erat, yakni sebesar r=0.504 (50.4%). Dari output tersebut, diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.254 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel independen (resiliensi) terhadap variabel dependen (altruisme) adalah sebesar 25.4%.


Keywords


Altrusime, Bullying, Pesantren, Pulau Jawa, Resiliensi

Full Text:

PDF

References


Chotimah, Khusnul, S., (2018). Pengaruh Tipe Kepribadian Hexaco dan Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Santri Korban Bullying di Ponpes Sunan Drajat. Skripsi. Fakultas Psikologi. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta

Fadhilah, S. S., Sitasari, N. W., & Safitri, S. (2021). Gambaran perilaku bullying santri di pondok pesantren. JCA of Psychology, 2(01).

Fitria, F. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Religiusitas dan Jenis Kelamin terhadap Altruisme pada Relawan Sosial Muda. 1–131.

Grotberg, E. H. (1997). The International Resilience Research Project.

Khotimah, M. F. (2021). Hubungan religiusitas dan altruisme pada santri pondok pesantren dimediasi oleh kebersyukuran (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Khumairah, A.R. (2021). Hubungan ikhlas dan altruisme terhadap life satisfaction relawan komunitas Sobat Eksplorasi Anak Dalam (SEAD) Jambi. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Lestari, R. (2018). Mengalami Bullying di Pesantren: Mengamankan Diri Sendiri Walaupun tiada gunanya. Journal of Holistic Nursing Science, 5(1), 49-55.

Munawaroh, E., et al. (2018). Resiliensi; Kemampuan Bertahan dalam Tekanan, dan Bangkit dari Keterpurukan. CV. Pilar Nusantara.

Nugroho, S., & Fardhana, N.A. (2018). Bullying at islamic boarding school: A pilot study in Pekanbaru. International Journal Of Pure And Applied Mathematics, 199, 2095-2100.

Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying di Pesantren: Sebuah Studi Kasus . Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1–14.

Octaryani, M., Baidun, A. (2017). Uji validitas konstruk resiliensi: JP3I 4(1).

Priyomo, M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Widya Gama Press.

Pusdatin Kemenkes RI. (2018). Data KPAI tentang kekerasan pada anak.

Rahmawati. (2017). Peran pengasuhan holistik terhadap altruisme dan bullying. Humanitas: Jurnal Psikologi Pendidikan 14(1), 10–25.

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573.

Sabrina, Hanna (2022) Pengaruh pola asuh Authoritative dan Self-Efficacy terhadap resiliensi Fresh Graduate di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Shihab, M.Q. (2002). Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Yuliani, S., Widianti, & Sari, S. P. (2018). Resiliensi Remaja dalam Menghadapi Perilaku Bullying. Jurnal Keperawatan BSI.

Siregar, R. B., Hutahaean, S. E. ., & Fahrudin, A. . (2023). Ketahanan emosional pada siswa SMP korban Cyberbullying. Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan (SIKONTAN), 2(2), 215–222

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Tasulis, V. (2021). Uncovering the Relation Between Adversity and Altruism : Virginia Tasulis.

Tatyagita, R. R. S., Handayani, M.M. (2014). Resiliensi pada remaja korban bullying. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial 3(1).

Thornberg, R., & Wänström, L. (2018). Bullying and its association with altruism toward victims, blaming the victims, and classroom prevalence of bystander behaviors: a multilevel analysis. Social Psychology of Education, 21(5), 1133–1151.

Uranus, H. C., Soetikno, N., & Koesma, R. E. (2022). The Role of Resilience towards Altruism: Be Strong for Yourself before Anyone Else. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 11(2), 207.

Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50-58.

Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Perspektif Al Quran. Jurnal Islam

Nusantara, 2(1), 105.

Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam., (pp. 119-122). Yogyakarta.

Wang, Y., Ge, J., Zhang, H., Wang, H., & Xie, X. (2020). Altruistic behaviors relieve physical pain. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 117(2), 950–958.

Yani, A.L., Lestari, R. (2016). Mengalami bullying di pesantren: mengamankan diri sendiri walaupun tiada gunanya. Journal of Holistic Nursing Science 5(1): 49-55.

Yuliani, S., et al. (2018). Resiliensi Remaja Dalam Menghadapi Perilaku Bullying. Jurnal Keperawatan BSI, 6(1), 77–86.

Yuniar, N., Lasan, B. B., & Soejanto, L. T. (2019). Hubungan Antara Altruisme Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Interaksi Sosial Teman Sebaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen 3 432-435.




DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.33477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.