Pengaruh Diskon Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Matahari Department Store

Authors

  • Gabriela Beta Kurniaditya Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Dyah Ayu Purwaningtyas Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Zahra Elok Fadhilah Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.32270

Keywords:

diskon harga, keputusan pembelian, matahari department store

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen matahari department store. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 114 orang dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Kriteria partisipan yaitu orang Jawa yang pernah membeli produk di matahari department store dengan usia 17 – 45 tahun. Teknik analisis data yang telah dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan program JASP 0.18.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas shapiro wilk senilai 0.900 yang artinya data normal, uji regresi R² memiliki nilai 0.493 dengan persentase 49%. Jadi dapat disimpulkan bahwa diskon harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

References

Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baskara, I. B. (2015). Pengaruh potongan harga (discount) terhadap pembelian tidak terencana (Impulse Buying)(studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Manajemen Bisnis, 5(2).

Dirgantaran, M. (2019). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Matahari Departemen Store Mall Panakukang Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Di Kota Makassar. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7–105.

Dhena Nurani. (2013). Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk Dan Layanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 2(8), 1–19.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Oktavia, F., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.11196

Rahayu, D. W. S. (2019). Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Balitar, 12(2).

Rusni, A., & Solihin, A. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS, DISKON HARGA DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR†TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE DI SHOPEE. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841

Undap, S. C. E., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Matahari Department Store Mega Mall Manado. Productivity, 2(1), 6–10.

Yulianti, P., & Utami, W. S. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. BFI Finance Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas, 21(1).

Yulian, Y., Fahm, I., & Novianti, T. (2021). ANALISIS FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN RITEL DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi

Baskara, B. (2015). Pengaruh Diskon terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Department Store. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 123-135.

Bertini, M., & Wathieu, L. (2008). Research Note—Attention Arousal Through Price Partitioning. Marketing Science, 27(2), 236-246.

DelVecchio, D., Krishnan, H. S., & Smith, D. C. (2007). Cents or Percent? The Effects of Promotion Framing on Price Expectations and Choice. Journal of Marketing, 71(3), 158-170.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Monroe, K. B. (1990). Pricing: Making Profitable Decisions (2nd ed.). McGraw-Hill.

Oktavia, R., & Fageh, R. (2022). Pengaruh Diskon Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Ritel. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 15(1), 98-110.

Kahneman, D., & Tversky, A. (1979). Prospect Theory: An Analysis of Decision under Risk. Econometrica, 47(2), 263-291.

Monroe, K. B. (1990). Pricing: Making Profitable Decisions (2nd ed.). McGraw-Hill.

Downloads

Published

2024-05-31

Citation Check