KEKUATAN POLITIK DALAM PEMBENTUKAN SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL


Muhammad Andi Septiadi(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap kebijakan pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan proses pembelajaran, harus diarahkan untuk kepentingan terbaik siswa dan masyarakat umum. Namun, para pembuat kebijakan merasa sulit untuk memasukkan kepentingan siswa dan publik ke dalam kebijakan pendidikan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa proses pembuatan kebijakan hampir tidak pernah bebas nilai, dan oleh karena itu berbagai kepentingan akan terus mempengaruhi proses tersebut. Pada tataran ini, kepentingan mahasiswa dan masyarakat umum seringkali terabaikan, dan pemerintah lebih mengutamakan kepentingan masyarakat kapitalis di atas kepentingan masyarakat secara keseluruhan dalam pengambilan kebijakan. Kaitan antara pendidikan dan politik sangat erat, dan dapat diamati dalam keadaan ini bahwa politik negara memainkan peran penting dalam menentukan jalur pertumbuhan pendidikan suatu negara. Kaitan antara pendidikan dan politik sangat erat, dan dapat diamati dalam keadaan ini bahwa politik negara memainkan peran penting dalam menentukan jalur pertumbuhan pendidikan suatu negara.

 


Keywords


Pendidikan, Politik, Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Ahsan, M. T., Sharma, U., & Deppeler, J. M. (2012). Exploring Pre-Service Teachers’ Perceived Teaching-Efficacy, Attitudes and Concerns about Inclusive Education in Bangladesh. International Journal of Whole Schooling, 8(2), 1–20.

Al Muchtar, S. (2020). Pendekatan pendidikan etika politik Pancasila dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Jurnal Majelis, 5, 47–64.

Borah, R. R. (2012). Impact of politics and concerns with the Indian education system. International Journal of Educational Planning & Administration, 2(2), 2249–2293.

Bruns, B., Filmer, D., & Patrinos, H. A. (2011). Making schools work: New evidence on accountability reforms. The World Bank.

Fajriawati, & Harisman. (2020). Application of the Gallery Walk Method to Increase Activities and Learning Achievement of Law Students in Pancasila Education Courses. International Journal Reglement & Society, 1(2), 86–92.

Freedman, K. (2018). Art education as social production: Culture, society, and politics in the formation of curriculum. Routledge.

Healey, P. (2017). Planning through Debate 1: The Communicative Turn in Planning Theory 2. In J. Hillier & J. Metzger (Eds.),

Connections: Exploring Contemporary Planning Theory and Practice (pp. 241–255). Routledge.

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 3.

Lord, R. G., & Shondrick, S. J. (2011). Leadership and knowledge: Symbolic, connectionist, and embodied perspectives. The Leadership Quarterly, 22(1), 207–222.

Ogundari, K., & Awokuse, T. (2018). Human capital contribution to economic growth in Sub-Saharan Africa: does health status matter more than education? Economic Analysis and Policy, 58, 131–140.

Oishi, S., & Diener, E. (2014). Residents of poor nations have a greater sense of meaning in life than residents of wealthy nations. Psychological Science, 25(2), 422–430.

Staehell, L. A., & Hammett, D. (2013). Educating the new national citizen: Education, political subjectivity and divided societies. In J. Pykett (Ed.), Governing Through Pedagogy: Re-educating Citizens (pp. 61–74). Routledge.

Suyanto, Hasibuan, L., & Anwar, K. (2021). Konsep dasar ekonomi pendidikan pada tataran suprastruktur dan infrastruktur politik di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 143–150.

Warren, R., & Wicks, R. H. (2011). Political socialization: Modeling teen political and civic engagement. Journalism & Mass Communication Quarterly, 88(1), 156–175.

Williams, T. P. (2017). The political economy of primary education: Lessons from Rwanda. World Development, 96, 550–561.




DOI: https://doi.org/10.15575/kl.v2i2.15514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Andi Septiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1st Floor, Building of Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati
Kota Bandung, Jawa Barat

E-mail: KMultidisiplin@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International