PERSPEKTIF MAHASISWA TERHADAP KEBIJAKAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA


Muhammad Andi Septiadi(1*), Abdullah Afif Thaifury(2), Fachri Khairan Ganda Sasmita(3), Irlani Alifah Kusyaeri(4)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Maraknya kasus narkoba di kalangan remaja yang terus meningkat setiap tahunnya sehingga bersifat urgent untuk dipersoalkan. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang lebih baik dan bebas narkoba. Metode kuantitatif dan teknik analisis deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini. Pentingnya sosialisasi narkoba pada remaja dapat membantu mengedukasi remaja untuk tidak terjerumus kedalamnya juga peran mahasiswa dalam upaya pencegahan narkoba di kalangan remaja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi literasi masyarakat mengenai edukasi tentang bahaya narkoba dalam struktur masyarakat untuk mewujudkan karakter generasi muda yang berkualitas.

 


Keywords


Penyalahgunaan Narkoba Kenakalan Remaja, Perspektif Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Al Rasyid, A. G. (2020). Kebijakan Hukum Rehabilitasi Pengguna Narkoba. Disiplin: Majalah Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Hukum sumpah Pemuda, 12-25.

Amanda, M. P. (2017). Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Aryaputra, M. I. (2021). Penguatan Pemahaman Remaja Panti Asuhan Al Hikmah Wonosari, Ngaliyan Terhadap Sanksi Penyalahgunaan Narkotika. Kadarkum: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 73-85.

BNN. (2019, Agustus 12). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Retrieved from Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/&ved=2ahUKEwjSsrj8uLLxAhXWxTgGHbcrCN0QFnoECAYQAQ&usg=AOvVaw2We72SLBHdT5FGyFbMoG8q&cshid=1624612470023

Dora, T. A. (2020). Dampak Sosial Penyalahgunaan Narkoba dan Peranan Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangannya di Indonesia.

Hariyanto, B. P. (2018). Pencegahan dan Pemberantasan Peredaran Narkoba di Indonesia. Jurnal Daulat Hukum.

Iskandar, O. (2020). Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kota Bekasi.

Istichomaharani, I. S. (2016). Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai “Agent Of Change, Social Control, dan Iron Stock”. Prosiding Seminar Nasioanal , 1-6.

Juanda, J. (2017). Peran Lembaga Kemahasiswaan Dalam Mencegah Penggunaan Narkoba di Kalangan Mahasiswa. Prosiding SNAPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 681-691.

Kamila, A. (2020). Makalah Jenis-Jenis Narkoba.

Kristiono, N. (2020). Peran Kelompok Aksi Pelajar Anti Narkoba Dalam Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba. Harmony, 126-133.

Kumparan. (2020, November 26). Memahami Teknik Analisis Data Kuantitatif dalam Pengolahan Data. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.kumparan.com/amp/berita-hari-ini/memahami-teknik-analisis-data-kuantitatif-dalam-pengolahan-data-1ufBDGyEX9v&ved=2ahUKEwi-zsqHkbPxAhXL7XMBHchkD_wQFnoECBUQAQ&usg=AOvVaw2JoJIVKOLRlDRoU11mU53s&am

Laode muhamad Fathun, N. S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Dampak Peredaran Narkotika dan Peran Pemuda Dalam Meminimalisir Peredaran Narkotika di Kalangan Remaja. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 281-291.

Muryanta, A. (2017). Narkoba dan Dampaknya Terhadap Pengguna.

Nurlian, N. (2020). Remaja Kreatif-Produktif Sebagai Treatment Pencegahan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja di Pedesaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 206-213.

Nurmaya, A. (2016). Penyalahgunaan Napza di Kalangan Remaja (studi kasus pada 2 Siswa di MAN 2 Kota Bima). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 26-32.

Nursyifa, A. (2020). Pencegahan Perilaku Menyimpang Akibat Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Millenial di Pulau Untung Jawa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1110-1121.

Prsetyo, B. (2019). Metode penelitian kuantitatif.

Riadi, R. H. (2020). Peranan Keluarga Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika (Narkoba) di Kalangan Remaja di Kelurahan Dendang, Kecamatan Stabat.

Ritonga, A. (2019). Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan Psikis Remaja di kelurahan Perdamean Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.

Simangunsong, J. (2015). Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja (Studi Kasus Pada Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang). Program Studi Ilmu SosiologiFakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Suliyanto, S. E. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Unayah, N. (2016). Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas. Sosio Informa.

UNODC. (2018). Word Drug Report 2018. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.unodc.org/wdr2018/&ved=2ahUKEwjpxeqrt7LxAhXlILcAHVpMD_YQFjAAegQIBRAC&usg=AOvVaw2_LeZ6GByFHT0qgsHtenGf

Wiyani, R. (2017). Pengaruh Pemberian Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Pada Remaja Awal Tentang Bahaya Narkoba Di Man 1 Kelas X Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan.

Yuliati, Y. (2015). Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba Pada Remaja Melalui Pendekatan Edukasi Afektif. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS.




DOI: https://doi.org/10.15575/kl.v3i2.22129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Andi Septiadi, Abdullah Afif Thaifury, Fachri Khairan Ganda Sasmita, Irlani Alifah Kusyaeri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1st Floor, Building of Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati
Kota Bandung, Jawa Barat

E-mail: KMultidisiplin@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International