Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang SMA


Ishma Shafiyatu Sa’diyah(1*), Raya Oktavia(2), Raden Syara Bisyara(3), Badrudin Badrudin(4)

(1) Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Plered dengan tujuan untuk memahami bagaimana kurikulum merdeka belajar diterapkan dan dampaknya terhadap proses pembelajaran di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Plered telah memberikan manfaat dalam meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa. Selain itu, guru juga merasakan perubahan positif dalam pendekatan pembelajaran dan penilaian. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, seperti keterbatasan sumber daya dan pemahaman yang belum merata di kalangan guru. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih lanjut untuk memperbaiki dan mengoptimalkan implementasi kurikulum merdeka belajar di jenjang SMA. Makalah ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi pembaca dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif di sekolah.

Keywords


Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah

Full Text:

PDF

References


Aditya, R. (2022). Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ketahui Penjelasan Keunggulan dan Karakteristik Utamanya. Suara.com. https://www.suara.com/news/2022/07/06/064500/apa-itu-kurikulummerdeka-belajar-ketahui-penjelasan-keunggulan-dan-karakteristik

Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Almarisi, Ahmad. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 111-117.

Armadani, P., Sari, P., Abdullah, F., & Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Neheri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341-347. https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654.

Fahira, WR., Rahmadhani, P., Satria, N., Melisa, F., & Setiawati, M. (2022). PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMA 1 BUKIT SUNDI. Jurnal Eduscience (JES). 9(3), 902-909.

Fauzi, Achmad. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan. 18(2), 18-22.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal basicedu, 3(2), 524–532. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/971

Getter, K. L., & Rowe, D. B. (2008). Using simple cooperative Learning techniques in a plant propagation course. NACTA Journal, 12, 39–43.

Hasim E., (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Heppy S, A., & Bagja, K. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar: Penjelasan, Konsep, Keunggulannya yang Perlu Diketahui. INews.ID. https://www.inews.id/news/nasional/kurikulum-merdeka-belajarpenjelasan-konsep-keunggulannya-yang-perlu-diketahui

Hutabarat, H., Elindra, R., Harahap, M. S., Pendidikan, F., Dan, M., & Pengetahuan, I. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri sekota padangsidimpuan. 5(3), 58–69.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2004. Sekretariat Negara. Jakarta.

Indonesia. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Joseph F. Hair Jr, William C. Black, Barry J. Babin, dan Rolph E. Anderson (2021)

Kurniati, P., Kelmaskouw, L.A., Deing, A., Bonin., Haryanto, A.B. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408423.

Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Madhakomala., Aisyah, L., Rizqiqa, FN., Putri, FD., & Nulhaq, S. (2022). KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN PAULO FREIRE. At-Ta’lim : Jurnal Pendidikan. 8(2), 162-172.

Magister, S., Pendidikan, T., & Jambi, U. (2022). Jurnal Abdi Pendidikan Sosialisasi Program Merdeka Belajar Di SMA Muhammadiyah Singkut Kabupaten Sarolangun. 3(2), 80–89.

Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.

Nation, I. S. P., & Macalister, J. (2010). Language Curriculum Design. New York & London: Rouledge.

Panginan, V., & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. 1(1), 9- 16.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, YS., Hernawan, AH., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. 6(4), 6313 – 6319.

Sari, Rati Melda. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Manajemen Pendidikan. 1(1): 38-50.

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1–12.

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan. Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53

Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-based learning. Educational Psychology, 1 -8.

Palennari, M. (2011). Potensi Strategi Integrasi Pbl dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi, 3(2), 1689– 1699.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., and Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjamin Mutu, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386.

Sutarmi K. dan Suarjana I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2).

Sugianto, A., Dian, H., & Mara, B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika.

Sulistyo, I. R. (2021). Selamat Datang Kurikulum 2022 Paradigma Baru, Simak Penjelasannya! Berita Solo Raya. https://prsoloraya.pikiranrakyat.com/pendidikan/pr-1113200407/selamat-datang-kurikulum-2022-Paradigma-baru-simak-penjelasannya

Syamsudin, Hapidin, A., & Ahyani, H. (2021). Answering Model Transformational Leadership Private Higher Education in Era 4.0 Menjawab Model Kepemimpinan Transformasional Pendidikan Perguruan Tinggi Swasta di Era 4.0. Jurnal Nahdlatul Fikr, 3(1), 9–29.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121




DOI: https://doi.org/10.15575/kl.v4i2.28436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ishma Shafiyatu Sa’diyah et.al

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1st Floor, Building of Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati
Kota Bandung, Jawa Barat

E-mail: KMultidisiplin@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International