KONSEP ETIKA JUAL BELI PERPEKTIF HADIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR UJUNG BERUNG


Asep Burhan Setiadi(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah para pedagang di Pasar Ujung Berung menjalankan aktivitas jual beli sesuai dengan hadis etika bisnis Islam, yang mencakup sikap jujur, amanah, adil, tidak menjual barang haram, tidak bersumpah palsu, dan tidak melakukan perbuatan najasy (penipuan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan 25 pedagang, 3 pembeli, dan 2 pengurus pasar sebagai sampel dari total 250 pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pedagang di Pasar Ujung Berung memahami prinsip-prinsip etika bisnis Islam, meskipun sebagian hanya mengetahui dasarnya saja. Meskipun ada pedagang yang tidak pernah melanggar, terdapat juga pedagang yang masih melakukan praktik jual beli yang bertentangan dengan hadis etika bisnis. Kesimpulannya, para pedagang di pasar ini umumnya mengetahui hadis etika bisnis Islam, meskipun pemahaman mereka sering kali terbatas pada dasar-dasarnya, dan masih ada praktik jual beli yang tidak sesuai dengan hadis tersebut

Keywords


Etika bisnis, Ilmu hadis, Jual beli, Hadis etika bisnis, Living hadis

Full Text:

PDF

References


Agoes, S. (2016). Auditing: Petunjuk praktis pemeriksaan akuntan oleh kantor akuntan publik. Salemba Empat.

al-Asqalani Abu’l-Fadl Ahmad ibn Ali ibn Muhammad, I. H. (n.d.). Fath al-Bari Sharh Sahih al-Bukhari, Juz XXI. Dār al-Fikr.

Al-Baghawi, I. M. (1992). Syarhus Sunnah. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Buthy, M. S. R. (2006). Sirah Nabawiyah (17th ed.). Robbani Press.

Al-Naysabūrī, A. al-Ḥusayn M. I. al-Ḥajjāj I. al-Q. (2003). Ṣaḥīḥ Muslim. Dar al-Fikr.

Aminah, S. (2017). Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Getah Karet di Desa Margo Bhakti Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji. In Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Metro Lampung.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

asy-Syafi’I, I., & az-Zuhaili, W. (2011). Wahbah az-Zuhaili. Gema Insani.

Aziiz, A. N. R. Al. (2019). Perilaku Jujur, Amanah, dan Istikamah. Cempaka Putih.

Azizah, M. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring di Toko Online Shopee. Jurnal Humani, 10(1).

bin Ismail Al-Bukhari, A. A. M. (2008). Shahih Bukhari. Dar Ibn Hazm.

Daud, A. (1952). Sunan Abi Daud. Maktabah Syarikah wa Matbah’ah al Musthafa.

Djakfar, M. (2008). Etika Bisnis Islam Tataran Teoritis dan Praktis. UIN Malang Press.

Djamaris, Z. A. (1996). Islam Aqidah dan Syariah. Raja Grafindo Persada.

Harahap, S. S. (2010). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Selemba Empat.

Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dan Perpsektif Pendidikan Islam. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2).

Idri. (2015). Hadis Ekonomi: Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi (1st ed.). Prenadamedia Group.

Lailiya, U. (2012). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Studi Kasus Jual Beli Karakter Game Online Ninja Kita di Internet. Fakultas Syariah, IAIN Sunan Ampel.

Mujieb, M. A., AM, S., & Tholhah, M. (1994). Kamus Istilah Fiqih. Pustaka Firdaus.

Nurjannah, Fadel, M., & Asti, M. J. (2023). Eksistensi Hak Khiyar Pada Jual Beli Sebagai Perlindungan Konsumen Dalam Islam. Jurnal Al-Kharaj, 3(1).

Nurul, R. A. (2012). Etika bisnis pedagang kaki lima di kawasan Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramadhana, D. C. (2021). Kasus Najasy di Pasar dan Relevansinya dengan Pemikiran Ibnu Qudama. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.

Rosadi, & Ghufron, M. (2020). Pendidikan Agama Islam: Sesuai Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016. Edulitera.

Salma, S. H. S. (2023). Larangan Bersumpah Palsu Dalam Jual Beli Perspektif Hadis Ahkam. Jurnal Al-Ibanah, 8(1).

Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2013). Pengantar sosiologi politik. Kencana.

Shabiran, M., & Herwanti, T. (2017). Etika Bisnis Pedagang Pada Jual Beli Telepon Genggam Bekas Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Maqdis, 2(1).

Solahudin, M. A., & Suryadi, A. (2009). Ulumul Hadis. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Sulaiman, M., & Zakaria, A. (2010). Jejak bisnis rasul. Hikmah.

Sumantri, R., & Yulza, N. A. (2015). Teori-Teori Etika Perilaku Bisnis dan Pandangan Islam Tentang Perilaku Bisnis. Jurnal Ekonomi, 1(1).

Wajdi, F., & Lubis, S. K. (2021). Hukum Ekonomi Islam: Edisi Revisi. Sinar Grafika (Bumi Aksara).

Weber, M. (1964). The Sociology of Religion. Beacon Press.

Yosephus, L. S. (2010). Etika Bisnis Pendekatan Filsafat Moral terhadap Prilaku Pebisnis Kontemporer. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zakiyah, K. (2017). Peran Negara Dalam Distribusi Kekayaan (Perspektif Ekonomi Islam). Al-Falah: Journal of Islamic Economics, 2(1), 37–52.

Zakiyah, & Wirawan, B. (2015). Pemahaman Nilai – Nilai Syari’ah Terhadap Perilaku Berdagang. Jurnal Sosiologi, 1(4).




DOI: https://doi.org/10.15575/kl.v5i2.38374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Asep Burhan Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1st Floor, Building of Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati
Kota Bandung, Jawa Barat

E-mail: KMultidisiplin@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International