Optimalisasi Pelayanan Akademik Secara Online Di Fakultas Ushuludin Uin Sunan Gunung Djati Bandung

Optimalisasi Pelayanan Akademik Secara Online Di Fakultas Ushuludin Uin Sunan Gunung Djati Bandung

Authors

  • Dina Mulyati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

optimalisasi, layanan, mahasiswa

Abstract

Salah satu indicator dari optimalnya layanan akademik yaitu adanya kepuasaaan yang dirasakan oleh seluruh mahasiswa dalam hal akademik di kampus, namun fakta dilapangan terutama di Fakultas Ushuluddin masih rendahnya persentase sekitar 25% untuk kepuasan mahasiswa diantaranya adanya kesalahan pengetikan pada surat, antrian yang panjang serta waktu pembuatan surat yang cukup lama. Metode yang diguunakan yaitu kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Lokasi penelitian yaitu Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa harus ada sebuah terobosan dan layanan secara elektronik sehingga proses layanan optimalisasi kepada mahasiswa bisa di laksanakan secara maksimal, salah satu produk layanan optimalisasi yang di Fakultas Ushuluddin adalah layanan persuratan secara online yang bebas di akses oleh mahasiswa dimanapun dan kapanpun (https://linktr.ee/tu_fu)

References

Akhmad, A., Badruddin, S., Januaripin, M., Salwa, S., & Gaspersz, V. (2024). Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Tinggi: Membangun Masa Depan Yang Berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Alfian. (1986). Ilmu Politik di Indonesia. Gadjah Mada Press.

Budiardjo, M., & Rauf, M. (1983). Perkembangan Ilmu Politik di Indonesia. Ghalia Indonesia.

Creswell, J. W. (1994). Research Design; Qualitative and Quantitative Approaches. SAGE Publications.

Djuyandi, Y. (2023). Pengantar ilmu politik. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Etzkowitz, H. (2008). The Triple Helix: University–Industry–Government Innovation in Action. Routledge.

Etzkowitz, H., & Leydesdorff, L. (1995). The Triple Helix: University–Industry–Government Relations: A Laboratory for Knowledge-Based Economic Development. Continuum.

Gatara, A. A. S. (2009). Ilmu politik memahami dan menerapkan. Bandung: Pustaka Setia.

Gatara, A. A. S., Supriatna, E., & Jamaludin, A. N. (2018). Model Pengembangan Ilmu Politik di PTKIN: Pengalaman UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Review Politik, 8(2).

Handayani, T. (2015). Relevansi lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan tenaga kerja di era global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53–64.

M.B. Miles, Huberman, M. & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publication, Inc.

Navarro, F. M. (2016). From government innovation to public innovation. The ICT as Key Tools. International Journal of New Technology and Research, 2(6), 263496.

Salsabila, F., Cahyo, R. D., Nadhira, S., & Amelia, D. (2024). Dampak Inovasi dan Daya Saing Perusahaan terhadap Budaya Organisasi. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 469–479.

Sururi, A. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 12(2), 14–31.

Zahra, H., & Wahyu, F. P. (2025). Evaluation of Public Service Performance of Disdukcapil through a Balanced Scorecard Approach. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 17(1), 248–260.

Downloads

Published

2025-08-08
Loading...