Optimalisasi Pelayanan Akademik Secara Online Di Fakultas Ushuludin Uin Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords:
optimalisasi, layanan, mahasiswaAbstract
Salah satu indicator dari optimalnya layanan akademik yaitu adanya kepuasaaan yang dirasakan oleh seluruh mahasiswa dalam hal akademik di kampus, namun fakta dilapangan terutama di Fakultas Ushuluddin masih rendahnya persentase sekitar 25% untuk kepuasan mahasiswa diantaranya adanya kesalahan pengetikan pada surat, antrian yang panjang serta waktu pembuatan surat yang cukup lama. Metode yang diguunakan yaitu kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Lokasi penelitian yaitu Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa harus ada sebuah terobosan dan layanan secara elektronik sehingga proses layanan optimalisasi kepada mahasiswa bisa di laksanakan secara maksimal, salah satu produk layanan optimalisasi yang di Fakultas Ushuluddin adalah layanan persuratan secara online yang bebas di akses oleh mahasiswa dimanapun dan kapanpun (https://linktr.ee/tu_fu)
References
Akhmad, A., Badruddin, S., Januaripin, M., Salwa, S., & Gaspersz, V. (2024). Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Tinggi: Membangun Masa Depan Yang Berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Alfian. (1986). Ilmu Politik di Indonesia. Gadjah Mada Press.
Budiardjo, M., & Rauf, M. (1983). Perkembangan Ilmu Politik di Indonesia. Ghalia Indonesia.
Creswell, J. W. (1994). Research Design; Qualitative and Quantitative Approaches. SAGE Publications.
Djuyandi, Y. (2023). Pengantar ilmu politik. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Etzkowitz, H. (2008). The Triple Helix: University–Industry–Government Innovation in Action. Routledge.
Etzkowitz, H., & Leydesdorff, L. (1995). The Triple Helix: University–Industry–Government Relations: A Laboratory for Knowledge-Based Economic Development. Continuum.
Gatara, A. A. S. (2009). Ilmu politik memahami dan menerapkan. Bandung: Pustaka Setia.
Gatara, A. A. S., Supriatna, E., & Jamaludin, A. N. (2018). Model Pengembangan Ilmu Politik di PTKIN: Pengalaman UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Review Politik, 8(2).
Handayani, T. (2015). Relevansi lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan tenaga kerja di era global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53–64.
M.B. Miles, Huberman, M. & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publication, Inc.
Navarro, F. M. (2016). From government innovation to public innovation. The ICT as Key Tools. International Journal of New Technology and Research, 2(6), 263496.
Salsabila, F., Cahyo, R. D., Nadhira, S., & Amelia, D. (2024). Dampak Inovasi dan Daya Saing Perusahaan terhadap Budaya Organisasi. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 469–479.
Sururi, A. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 12(2), 14–31.
Zahra, H., & Wahyu, F. P. (2025). Evaluation of Public Service Performance of Disdukcapil through a Balanced Scorecard Approach. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 17(1), 248–260.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dina Mulyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).