IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DALAM INDUSTRI PARIWISATA DAN PERHOTELAN


Rini Martiwi(1*)

(1) Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Relationship Marketing merupakan suatu cara untuk mencipatakan suatu hubungan  jangka panjang dengan pelanggan. Disektor pariwisata dan perhotelan, relationshop marketing sangat dibutuhkan sebagi bentuk keunggulan kompetitif bagi para pengusaha dan perhotelan sehingga membuat consumen akan belanja atau datang kembali secara berulang-ulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif dengan metode deskriptif dalam menguraikan data-data secara mendalam dan menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship marketingtdan Customer Relationship Mnanagement merupakan dua poin utama yang penting dalam manajemen pemasaran yang harus dipunyai pada industri pariwisata dan perhotelan sebagai keunggulan kompetitif dan yang membedakan dari competitor lain sehingga dapat membuat pelanggan akan membeli kembali produk yang ditawarkan secara berulang.


Keywords


Relationship Marketing, Customer Relationship Management, Retensi Pelanggan. Pariwisata, Perhotelan.

Full Text:

PDF

References


Berry, L. L. (2002). Relationship Marketing Of Services Perspectives From 1983 and 2000. Journal Of Relationship Marketing, 1(1), 59-77.

Bull, C. (2003). Strategic Issues in Customer Relationship Management (CRM) Implementation. Business Process Management Journal.

Chadiq, U. (2015). Customer Relationship Management (CRM): Pilihan Strategi untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Dharma Ekonomi, 18(33).

Chen, I. J., & Popovich, K. (2003). Understanding Customer Relationship Management (CRM). Business Process Management Journal.

Dwivedi, A. (2015). Social Media and its Implications for Intellectual Property Law the Facebook and Twitter Saga. Transforming Dimension of IPR: Challenges for New Age Libraries, 315.

Esti, W., Lubis, N., & Wijayanto, A. (2014). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Retensi Pelanggan Melalui Kepuasan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 187-196.

Goldsmith, R. E. (2010). The Goals of Customer Relationship Management. International Journal of Customer Relationship Marketing and Management (IJCRMM), 1(1), 16-27.

Hertati, L., Safkaur, O., Fery, I., & Antasari, R. (2020). Peran Akuntansi Aktiva Tetap, Standar Akuntansi Keuangan Terhadap Laporan Keuangan Akibat Covid-19. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, 1(2), 182-200.

Hery, S. E. (2019). Manajemen Pemasaran. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jiwa, I. D. N. A. (2018). Relationship Marketing, Power dan Loyalitas pada Hubungan Bisnis antara Pemasok dengan Peritel. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 146-159.

Kesuma, I. A. W., Hadiwidjojo, D., Wiagustini, N. L. P., & Rohman, F. (2013). Service quality influence on patient loyalty: Customer relationship management as mediation variable (study on private hospital industry in Denpasar). International Journal of Business and Commerce, 2(12), 1-14.

Sofi, M. R., Bashir, I., Parry, M. A., & Dar, A. (2020). The Effect of Customer Relationship Management (CRM) Dimensions on Hotel Customer’s Satisfaction In Kashmir. International Journal of Tourism Cities.

Sugiyono, P. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumartha, P. S., Samopa, F., Sumartha, P. S., & Samopa, F. (2017). Cross Selling Product Bundling Based on Customer Satisfaction Study Case Meat & Food Suplier X. Int. J. Educ. Res, 5(1), 241-252.

Sutejo, H., Pradana, H. A., Thamrin, R. M., & Bei, S. H. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Melalui e-CRM Terhadap Pariwisata. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, 586-591.

Tauriana, D., & Arisani, N. M. D. (2012). Analisis Implementasi Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Retensi Pelanggan Hotel Bidakara Jakarta. Binus Business Review, 3(1), 449-460.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi.

Wijaya, O. Y. (2020). Strategi Manajemen Hubungan Pelanggan dan Orientasi Pasar: Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Industri Furniture di Jawa Timur. Penerbit Lakeisha.

Melati, M., & Nurwulandari, A. (2019). Analisis Reaksi Pasar terhadap Stock Split pada Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2).

Nurwulandari, A., Hasanudin, H., & Melati, M. (2021). Market Reactions on Corporate Actions in Growing and Nongrowing Energy Consuming Companies. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(3), 290-295.

Sefudin, A., & Darwin, M. (2020). Perbandingan Teori Disrupsi Pada Marketing Di Era Industri 4.0 Menurut Hermawan Kartajaya Dan Rhenald Kasali. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 25-39.

Suherman, U. D. (2020). Analysis Of Knowledge Management Application In Pt. Bank Mandiri, Tbk. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 1-10.

Setiawan, G., Nurbarkah, H. S., Nugraha, I., Solihin, I., Sopyan, I., & Kurniasari, D. (2020). Analisis Efektivitas Pemasaran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Masa Depan Cerah Bandung Menggunakan Analisis Swot. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), 59-69.

Redjeki, F., Fauzi, H., & Priadana, S. (2021). Implementation of Appropriate Marketing and Sales Strategies in Improving Company Performance and Profits. International Journal of Science and Society, 3(2), 31-38.

Redjeki, F., Narimawati, U., & Priadana, S. (2021). Marketing Strategies Used by Hospitality Businesses in Times of Crisis of the COVID-19 Pandemic: Case Study. ENDLESS: International Journal of Future Studies, 4(1), 121-131.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v2i1.12475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats