STUDI KELAYAKAN BISNIS PENDIRIAN TOKO AKSESORIS DAN KADO “AISYAH COLLECTION”


Budi Djatmiko(1*), Nurul Khotimah(2)

(1) STIE STEMBI Bandung Business School, Indonesia
(2) STIE STEMBI Bandung Business School, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Era Industri 4.0 menuntut setiap orang untuk memiliki keahlian, ketrampilan serta  kreatifitas. Hal tersebut dimaksudkan sebagai nilai jual lebih atas dirinya untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan sesuai dengan ilmu dan bidangnya masing- masing. Disamping itu, dunia bisnis sudah menggunakan alat-alat teknologi dan informasi teknologi untuk memudahkan akses dalam operasi usahanya. Kreatifitas menjadi sebuah peluang besar, salah satunya yakni usaha penjualan benda-benda yang dapat dijadikan kado dan aksesoris yang merupakan peluang usaha yang menarik untuk dikembangkan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat konsumen kabupaten Bandung untuk menjadikan benda-benda sebagai kado, seperti: dompet, tas, gelang dan lain sebagainya. Usaha ini memang cukup banyak ditemukan di kabupaten Bandung, seperti: Putreri Aksesoris, Istana Kado, dan lainnya. Namun, toko-toko penjualan kado masih jarang ditemui di lokasi Komplek Bumi Sari Indah (BSI) 1, Baleendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Penelitian ini berisis gambaran mengenai lokasi perusahaan berada serta kelayakan usaha yang ditinjau dari berbagai aspek tertentu. Dari beberapa aspek yang termasuk di dalam penelitian ini, seperti aspek pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen, SDM, finansial, ekonomi, sosial dan politik, lingkungan hidup serta lingkungan industri, maka pendirian toko aksesoris dan kado ‘Aisyah Collection’ ini dapat dinyatakan layak.


Keywords


Studi Kelayakan, Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Full Text:

PDF

References


Afiyah, A., Muhammad S., & Dwiatmanto. (2015). Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23 (1), 1-11.

Aldy, P.R., Riawan & La Ode S. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.

Amalia, Winda & Miftahul Choiron. (2017). Studi Kelayakan Usaha dan Daya Saing pada Industri Tepung Tapioka di Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Jurnal JSEP, 10 (2), 51-57.

Ardianto T. Lucas & Maria A. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Uniquephotocard di Mal Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1 (6), 746-754.

Hajar K. Siti & Dicky Hidayat. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Konten Kreatif di Kota Bandung (Studi Kasus: PT Akses Nusa Karya INFRATEK). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 4 (1), 7-15.

Hamid, E. S. & Susilo Y. S. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12 (1), 45-55.

Harahap, Sunarji. (2018). Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Integratif. Medan: FEBI UIN-SU Press.

Haris, I. A., Achmadi, R., Kartika, R., Zein, S. F., Rahmadini, S., Hanita, S., & Yusuf, Z. Z. (2020). Pengaruh Rekruitmen, Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Danamon Indonesia Tbk. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(3), 56-74.

Herlianto, Didit & Triani Pujiastuti. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hidayat, A. A. (2012). Efisiensi Produk Kain Batik Cap. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 13 (1), 79-95.

Indiyati, D., Ghina, A., & Romadhona, A. F. (2021). Human Resource Competencies, Organizational Culture, and Employee Performance. International Journal of Science and Society, 3(1), 1-10.

Irsan. (2020). Analisis Studi Kelayakan Usaha Rumah Burung Walet di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR), 3 (2),52-65.

Ismail,Shalahudin,Suhana & Eri H. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 5 (2), 198-209.

Johan, Suwinto. (2011). Studi Pengembangan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kasmir & Jakfar. (2015). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kristian, Widra & Felix Indrawan. (2019). Studi Kelayakan Bisnis dalam Rangka Pendirian XX Cafe. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11 (2), 379–400.

Nurjaman, K., Mustajam, A., Syaifuddin, S., Lubis, Y., & Abadi, Y. (2020). Meningkatkan Kinerja Perusahaan Dengan Menerapkan Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik Dalam Menyongsong Persaingan Global. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 73-82.

Nurjanah, Santi. (2013). Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis pada PT Dagang Jaya Jakarta. Journal the Winners, 14 (1), 20-28.

Nurwulandari, A., Hasanudin, H., & Melati, M. (2021). Market Reactions on Corporate Actions in Growing and Nongrowing Energy Consuming Companies. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(3), 290-295.

Purwana, Dedi & Nurdin Hidayat. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Depok: Rajagrafindo Persada.

Putra, B.W., Endang C., & Budi P. (2017). Analisis Kelayakan Pembukaan Toko Baru Untuk Penjualan dan Perbaikan Sound System di Kota Bekasi. Jurnal e-proceding of engineering, 4 (2), 2828-2834.

Rangkuti, F. (2012). Studi Kelayakan Bisnis dan Investasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rinofah, Risal & IGN Soni K. (2016). Analisis Kelayakan Usaha Warung “Burjo” (Studi Kasus di Dusun Karang Gayam, Catur Tunggal, Depok Sleman, Yogyakarta. Jurnal IKB, 19 (10), 1-11.

Situmorang, Syafrizal Helmi. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Medan: USU Press.

Sobana, Dadang Husen. (2018). Studi Kelayakan Bisnis. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyanto, Luh N & I Ketut.W. (2020). Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Mengetahui Bisnis Dapat Dijalankan atau Tidak. Banten: YPSIM Banten.

Sulastri, L., & Uriawan, W. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Pegawai Di Era Industri 4.0. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 43-49.

Sulastri, Lilis. (2016). Studi Kelayakan Bisnis Untuk Wirausaha. LGM: LaGood’s Publishing.

Suryana. (2003). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sutika, K., G. B. Wiksuana & Luh G. S. (2017). Studi Kelayakan Pembangunan Pusat Pembelajaran Cokroaminoto. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6 (2), 789-818.

Tim Penyusun. (2020). Pedoman Study Kelayakan Bisnis. Malang: STIE Koperasi Malang.

Walls, P. J. (2021). Investing In Human Capital: Achieving Organizational Competitiveness Through Gamification. ENDLESS: International Journal of Future Studies, 4(1), 1-7.

Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-Service Quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka's Customer. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 1061-1099.

Yanuar, Dony. (2016). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka diKota Pangkalpinang. Jurnal E-Kombisi, 2 (1), 41-51.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v2i1.12478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats