DETERMINING FACTORS PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN GADGET PADA MAHASISWA


Syahril Hasan(1*), Jihan Jihan(2), Tekat Sukomardojo(3), Endang Fatmawati(4), Muhammad Hermansyah(5)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekomomi Balikpapan, Indonesia
(2) UIN Datokarama Palu, Indonesia
(3) Politeknik Penerbangan Surabaya, Indonesia
(4) Universitas Diponegoro, Indonesia
(5) Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this research is to identify the elements of the Surabaya, East Java student environment that contribute to the selection of electronic devices. Product quality, brand reputation, and cost are considered in this study. The study was quantitative in nature, and factor analysis was used to analyze the collected data. Data is gathered through the use of an online survey administered via Google Forms. The population of the city of Surabaya, the focus of this research, is too large to accurately count. A total of 100 persons participated in the study, and all of the hypotheses put to the test were proven correct by the data.


Keywords


Product Quality, Brand Image, Price, Purchasing Decisions, Students.

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andrianto, H. N., & Idris, I. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang INNOVA di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 121-130.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hafiz, S., & Dewi, A. S. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pengguna Sepeda Motor Pulsar Kawasaki di Kota Padang. OSF Preprints.

Halim, A., & Syamsuri, A. R. (2016). Pengaruh store atmosphere, store image, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian di toko buku gramedia cabang gajah mada medan (studi kasus pada mahasiswa kedokteran methodist medan). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 3(1), 116-131.

Hidayat, Z. (2016). Dampak Teknologi Digital Terhadap Perubahan Konsumsi Media Masyarakat. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2).

Koller, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lina, R. F. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Exclusive Matte Lip Cream Pada Wardah Beauty House Medan. Medan: Repository Universitas Sumatera Utara.

Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J., & Rogi, M. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 9(2).

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.

Prasastiningtyas, T. R., & Djawoto, D. (2016). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian kartu seluler. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7).

Roberts, P. W., & Dowling, G. R. (2002). Corporate reputation and sustained superior financial performance. Strategic Management Journal, 23(12), 1077-1093.

Rowiyani, R., & YPE, Y. A. (2020). Citra Merek, Harga dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie di Minimarket Indomart Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. BHIRAWA, 5(1), 60-69.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.

Saladin, D. (2007). Intisari Pemasaran & Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Sari, R. D. K., & Astuti, S. R. T. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang (Doctoral Dissertation, UNDIP).

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Purchasing behavior. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Sinambow, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh harga, lokasi, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Soliha, E., & Fatmawati, N. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 10(1), 1-20.

Soliha, E., & Fatmawati, N. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1), 1-20.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62-70.

Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Effect of Product Quality, Perceived Priceand Brand Image on Purchase Decision Mediated by Customer Trust (Study on Japanese Brandelectronic Product). Jurnal Manajemen, 21(2), 179-194.

Susanto, A. B., & Wijarnako, H. (2004). Power branding: Membangun merek unggul dan organisasi pendukungnya. Mizan Pustaka.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Widagdo, A. A., & Rahardjo, S. T. (2012). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pembelian Pada Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), 262-266.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.23732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats